Khalid bin Yazid al-Shaybani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Khalid bin Yazid al-Shaybani (Arab: خالد بن يزيد الشيباني) adalah seorang Jenderal dan Gubernur Arab untuk Kekhalifahan Abbasiyah, aktif di kuartal kedua abad ke-9.

Khalid adalah seorang anggota dari suku Shayban yang dominan di wilayah Diyar Bakr di utara Jazirah,[1] dan putra ketiga dari Yazid bin Mazyad al-Shaybani, yang menjabat dua kali sebagai gubernur Arab (ostikan) Arminiya (besar provinsi yang meliputi seluruh Transkaukasia).[2] Khalid bertugas di kantor yang sama tidak kurang dari empat kali: pada 813/814, 828-832, sebentar pada 841 dan sekali lagi di bawah Khalifah al-Watsiq (r. 842-845).[3] Selama masa jabatannya, ia menunjukkan dirinya dapat berdamai dengan penduduk asli yang beragama Kristen dan putri nakharar, tapi masa jabatan kedua ditandai dengan penindasan brutal dari beberapa pemberontakan dari tokoh besar Arab lokal, serta perlakuan kasar terhadap umat Kristen. Akibatnya, ketika pengangkatannya kembali diumumkan pada 841, pemberontakan pecah, memaksa pemerintahan Abbasiyah untuk mengganti dia secepatnya. Namun demikian, al-Watsiq menugaskan Khalid kembali untuk Arminiya. Dia meninggal tak lama setelah di Dvin, di mana dia dimakamkan. Ia digantikan oleh putranya, Muhammad. Putranya yang lebih muda Haitsam bin Khalid memerintah di benteng keluarga Shirvan, dan adalah orang yang pertama yang mengklaim dengan gelar Shirvanshah.

Pada 822, Khalid sempat menjabat sebagai gubernur Mesir, dalam upaya Khalifah al-ma'mun (r. 813-833) untuk membangun kembali kendali Abbasiyah atas provinsi Mesir, yang terbagi oleh perselisihan di antara faksi-faksi Arab yang bersaing. Meskipun didukung oleh kepala salah satu faksi Ali bin Abdul Aziz al-Jarawi, Khalid dikalahkan oleh kepala faksi yang lain lainnya, Ubaidillah bin al-Sari, dan dipaksa untuk meninggalkan Mesir.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ter-Ghevondyan (1976), p. 27
  2. ^ Ter-Ghevondyan (1976), pp. 27–28
  3. ^ Ter-Ghevondyan (1976), p. 28
  4. ^ Kennedy (1998), p. 81

Sources[sunting | sunting sumber]