Kerajaan Sitawaka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Kerajaan Sitawaka

Sitawaka
1521–1594
Bendera Sitawaka
Bendera
Ibu kotaSitawaka
Bahasa yang umum digunakanSinhala
Agama
Theravāda
PemerintahanMonarki
Kerajaan Sitawaka 
• 1521–1581
Mayadunne
• 1581–1593
Rajasinha I
Era SejarahSejarah Sri Lanka
1521
• Kematian Rajasinha I
1594
Didahului oleh
Digantikan oleh
krjKerajaan
Kotte
krjKerajaan
Kandy
Periode Portugal di Ceylon
Sekarang bagian dari Sri Lanka
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Kerajaan Sitawaka (Sinhala: සීතාවක, Tamil: சீீீதாவாக்கை இராசதானி) adalah sebuah kerajaan yang terletak di Sri Lanka tengah-selatan. Kerajaan ini muncul dari perpecahan Kerajaan Kotte setelah Vijayabā Kollaya pada tahun 1521. Selama tujuh puluh tahun berikutnya, kerajaan ini mendominasi sebagian besar pulau. Sitawaka juga memberikan perlawanan sengit terhadap Portugis, yang tiba di pulau itu pada tahun 1505. Meskipun keberhasilan militernya, Sitawaka tetap tidak stabil, harus menghadapi pemberontakan berulang kali di wilayah Kandyan yang bergolak, serta konflik yang luas dan sering kali menghancurkan. dengan Portugis. Sitawaka hancur segera setelah kematian raja terakhirnya Rajasinha I pada tahun 1593.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Fondasi

Kerajaan Kotte telah menjadi kekuatan besar di Sri Lanka bagian barat sejak didirikan pada awal abad ke-15; di bawah Parakaramabahu VI, pemerintahan ini menjadi pemerintahan terakhir yang menyatukan keseluruhan pulau Sri Lanka di bawah satu mahkota. Namun pada tahun 1467, Kerajaan Jaffna di utara telah menyatakan kemerdekaannya. Pada tahun 1505 orang Portugis pertama tiba di Sri Lanka; pada tahun 1518 armada besar kapal Portugis telah mendarat di Kolombo dan mulai membangun benteng yang dikenal sebagai Santa Bárbara. Di sebelah timur, kerajaan klien Kandy saat ini juga beroperasi dengan tingkat independensi yang cukup besar.

Vijayabahu VII dari Kotte (1509–1521) digulingkan dalam kudeta istana yang dikenal sebagai Penjarahan Vijayabahu pada tahun 1521 oleh ketiga putranya yang khawatir suksesi takhta mereka akan diabaikan demi putra keempat Vijayabahu, Devaraja. Yang tertua menggantikannya naik takhta sebagai Buvanekabahu VII, sementara dua lainnya mengklaim bagian Kotte untuk diri mereka sendiri—Mayadunne memerintah dari Sitawaka dan Pararajasinha mendirikan Kerajaan Raigama. Kerajaan Kandy secara efektif berada di luar kendali salah satu dari tiga negara penerus tersebut.

Kerajaan Sitawaka awalnya meliputi wilayah yang relatif kecil meliputi Kosgama, Ruwanwella, Yatiyanthota, Hanwella, Padukka, Ehaliyagoda, Kuruwita dan Rathnapura. Medannya berbukit-bukit, di sebelah timur berbatasan dengan Kandy dan tidak ada akses ke laut. Ibu kotanya—Avisswella modern—terletak di bukit terjal di kaki bukit tebing yang tingginya sekitar 1.000 kaki (300 m) di atas tutupan hutan di sekitarnya.[1]

Kebangkitan (1521–1551)

Segera setelah naik takhta, Bhuvanekabahu mulai memperkuat hubungannya dengan Portugis untuk mengamankan tahtanya dari segala potensi tantangan dari Sitawaka. Meskipun perlawanan lokal mencegah mereka menyelesaikan sebuah benteng di Kolombo, sejak tahun 1524 seorang agen Portugis tetap berada di Kotte di bawah perlindungan raja dan angkatan laut Portugis mulai bersaing dengan Malabari Mappilas untuk mendapatkan dominasi kayu manis, yang akhirnya berhasil dipukul mundur oleh seorang Bhunvanekabahu, yang dibantu oleh pasukan yang diutus. oleh Raja Muda Portugis di Goa. Upaya lain untuk merebut Kotte pada tahun 1537 gagal ketika pasukan Mayadunne dikalahkan oleh pasukan di bawah komando Kapten Jenderal Portugis di Kolombo, Afonso de Souza; armada yang dikirim dari Kalikut untuk membantu pada kesempatan ini dikalahkan oleh Portugis di Vedalai. Gencatan senjata dinegosiasikan antara Sitawaka dan Kotte setelah konflik, dan Mayadunne mengalihkan perhatiannya ke selatan ke kerajaan Raigama, yang ia aneksasi setelah kematian Raigam Bandara (Pararajasinha) pada tahun 1538.

Penaklukan Kotte (1551–1581)

Keterlibatan Portugis dalam politik internal Kotte meningkat dengan kedatangan raja muda Afonso de Noronha pada tahun 1550 dan kontingen sekitar 500 tentara Portugis. Portugis memecat Sitawaka pada akhir tahun itu, tetapi gagal mempertahankan kota tersebut. Catatan menunjukkan bahwa Mayadunne telah mengambil kebijakan dengan hanya mengevakuasi ibu kotanya dan mundur ke daerah sekitarnya ketika Portugis mendekat—kadang-kadang membiarkan lampu istana menyala dan membentangkan kain putih di lantai sebagai ucapan selamat datang bagi para penjajah. Setelah penjajah meninggalkan ibu kota, pasukan raja kemudian akan mengganggu mereka di sepanjang rute hingga ke sungai Kelani.[2]

Pada tahun 1551 Bhuvanekabahu dibunuh dan digantikan oleh Dharmapala, yang sangat bergantung pada sekutu Eropanya untuk mempertahankan kekuasaannya atas kerajaan tersebut. Sebuah benteng Portugis baru dibangun di Kolombo pada tahun 1554, dan pada tahun 1556, 70.000 penduduk di sekitar Benteng Kolombo telah berpindah agama menjadi Katolik.

Raja Dharmapala sendiri masuk Katolik pada tahun 1557 dan mengadopsi nama Dom João Pereira Bandara. Sejumlah besar pendeta Buddha dan rakyat jelata meninggalkan kerajaan karena takut akan penganiayaan di tengah rumor adanya pemaksaan pindah agama. Mungkin yang paling penting, Relik Gigi—benda paling suci di negeri itu dan simbol tradisional otoritas dan warisan kerajaan—diselundupkan keluar dari Kotte dan dibawa ke Delgamu Viharaya di Ratnapura. Klaim Portugis telah membakar relik tersebut semakin mengobarkan kebencian masyarakat. Invasi Sitawakan tahun itu berhasil dipukul mundur oleh Kapten Jenderal Dom Afonso Pereira de Lacerda.

Kotte melakukan serangan balik pada tahun 1562, dengan Lacerda memimpin pasukan besar dari Kolombo di sepanjang tepi sungai Kelani. Di Mulleriyawa mereka menghadapi pasukan yang dipimpin oleh Tikiri Banda, putra Mayadunne; di masa berikutnya Mulleriyawa SATAna sejumlah besar orang Portugis dan beberapa ribu Lascarin terbunuh, dan pasukan penyerang berhasil dikalahkan. Kemenangan tersebut merupakan dorongan psikologis yang sangat besar bagi masyarakat Sitawakan, yang tercermin dalam perolehan julukan Rajasinha oleh Tikiri Banda—"Raja Singa".

Menekan keunggulan mereka, Mayadunne dan Tikiri Bandara melancarkan serangan dua arah terhadap Kotte pada tahun 1564, mengepung Kotte dan Kolombo. Pasukan Portugis terpaksa mundur dari Kotte bersama Dharmapala, meninggalkan Sitawaka menguasai sebagian besar kerajaan. Garnisun besar Sitawakan didirikan di Wattala, Nagalagama dan Mapane. Namun garis pantai tipis, yang terbentang dari Negombo hingga Galle dan termasuk benteng di Kolombo, tetap mendapat pasokan dari laut oleh kapal-kapal Portugis dan tetap berada di tangan Portugis sampai runtuhnya Sitawaka satu generasi kemudian. Secara strategis, hal ini memungkinkan mereka untuk mengganggu dan melakukan kampanye yang bersifat menyerang terhadap kerajaan, yang paling menonjol adalah invasi tahun 1574 yang menyebabkan penjarahan Negombo, Kalutara dan Beruwala, garnisun Sitawakan di Nagalagama dan Mapane diusir, dan distrik Weligama dan Chilaw dirusak. Pengaruh Portugis mencapai puncaknya pada deklarasi Dharmapala pada tahun 1580 bahwa jika ia meninggal, tanah Kotte akan diserahkan kepada Philip II.

Rajasinha I

Mayadunne meninggal pada tahun 1581 dan digantikan oleh Rajasinha. Pada tahun 1582, raja baru menyerbu dan menaklukkan kerajaan Kandy di timur, menjadikan seluruh Sri Lanka ke dalam wilayah Sitawakan, kecuali Kerajaan Jaffna dan wilayah kekuasaan Portugis di selatan. Karaliyadde Bandara, raja Kandy, melarikan diri ke Trincomalee dan kemudian meninggal karena cacar; putrinya yang masih kecil, Kusumasana Devi, berada di bawah perlindungan Portugis, yang membaptisnya Dona Catherina dan selama dekade berikutnya mengklaim takhta Kandy atas namanya. Penguasaan Rajasinha atas wilayah tersebut semakin terganggu oleh pemberontakan raja mudanya Wirasundara Mudiyanse. Meskipun pemberontakan berhasil ditumpas dan Wirasundara dibunuh, putranya Konappu Bandara melarikan diri ke wilayah Portugis. Dibaptis sebagai Don Juan, ia menjadi lawan abadi raja Sitawaka.

Intrik Portugis di istana Rajasinha membuahkan hasil yang dramatis antara tahun 1583 dan 1587; banyak bangsawan dieksekusi karena tuduhan pengkhianatan. Yang terpenting, Rajasinha berbalik melawan pendeta Buddha setelah diketahui adanya kolaborasi dengan musuh-musuhnya; kuil dihancurkan, Sri Pada direbut dan diserahkan kepada pendeta Hindu, dan Rajasinha sendiri berpindah agama Hindu.[3] Banyak dari mereka yang tidak terpengaruh melarikan diri ke dataran tinggi. Di Kotte, Raja Dharmapala meresmikan sumbangannya tahun 1580 pada tanggal 4 November 1583.[4]

Rajasinha melipatgandakan upayanya untuk mengusir orang-orang Eropa dan pada tahun 1587 ia telah mengumpulkan kekuatan sekitar 50.000 infanteri, serta gajah perang, kavaleri, dan sejumlah meriam produksi lokal. Tentara memulai pengepungan Kolombo selama dua puluh dua bulan pada tahun itu.[5][6][7] Dengan tidak adanya angkatan laut Sitawakan, Portugis—yang dipasok dari Goa melalui laut—dapat bertahan untuk jangka waktu yang lama. Pergeseran kebijakan di Kalikut memastikan bahwa tidak ada harapan untuk menghidupkan kembali aliansi lama dengan kerajaan India selatan, dan Rajasinha terpaksa meninggalkan pengepungan pada bulan Februari 1588 untuk mengatasi kerusuhan yang lebih jauh ke pedalaman.

Tahun-tahun terakhir pemerintahan Rajasinha dihabiskan untuk mempertahankan perbatasan kerajaan, tugas yang menjadi lebih sulit dengan invasi Portugis ke Kerajaan Jaffna utara pada tahun 1591. Tahun berikutnya pasukan Portugis sempat menduduki Kandy, namun diusir. Meskipun demikian, musuh baru dan tangguh telah muncul dalam bentuk Konappu Bandara, yang kembali ke Kandy pada awal tahun 1590-an. Dengan menggunakan nama Vimaladharmasuriya, ia merebut tahta Kandy, kembali memeluk agama Buddha, dan menikahi Don Catherina untuk melegitimasi klaimnya. Pada tahun 1593, ia mengalahkan Rajasinha di Balane dan Mawela, yang secara efektif mengamankan kemerdekaan Kandy dari Sitawaka. Rajasinha meninggal pada tahun berikutnya.

Meskipun kerajaan ini meraih kesuksesan yang mengesankan, sebagian besar stabilitasnya bergantung pada penerus yang mulus dan penguasa yang kompeten; Kematian mendadak Rajasimha pada tahun 1593 (tahun yang sama ketika Portugis mengangkat Gubernur Jenderal Ceylon yang pertama) tidak menemui satu pun dari hal tersebut dan dalam waktu kurang dari satu tahun Sitawaka tidak lagi berfungsi sebagai pemerintahan yang kohesif.

Penerus Negara dan Warisan

Pada tahun 1594 pasukan Portugis menjarah kota tersebut dan menekan ke pedalaman dalam Kampanye Danture sampai mereka diusir oleh pasukan Kandyan di bawah pimpinan Vimaladharmasuriya. Portugis tetap menjadi kekuatan utama di dataran rendah Sri Lanka hingga awal abad ke-17, ketika mereka akhirnya diusir oleh Rajasinha II dan sekutu Belandanya.

Kerajaan Kandy yang bangkit kembali di bawah pimpinan Vimaladharmasuriya I juga memecat Sitawaka, dan kemudian menjadi sumber utama perlawanan terhadap kekuatan Eropa selama dua ratus tahun berikutnya. Avissawella direduksi menjadi kota perbatasan, dan kompleks kerajaan akhirnya hilang ke dalam hutan sampai dieksplorasi oleh Inggris pada abad ke-19.

Militer[sunting | sunting sumber]

Kerajaan Sitawaka terkenal dengan kekuatan militernya yang dapat menantang bangsa Eropa dalam peperangan konvensional dan berhasil menahan Portugis di garis pantai namun upaya untuk mengusir mereka sepenuhnya tidak berhasil. Menurut sumber-sumber Portugis, pada tahun 1587 Kerajaan ini mampu mengumpulkan pasukan sebanyak 50.000-60.000 tentara, dipersenjatai dengan senapan dan meriam lapangan yang didukung oleh 60.000 perintis dan pelayan, serta kereta logistik yang terdiri dari 2.200 gajah pengangkut dan 40.000 ekor lembu. Meskipun mungkin dilebih-lebihkan, jumlah tentara kemungkinan melebihi 30.000 tentara. Korps Gajah Perang yang berkekuatan 200 orang digunakan untuk memberikan dampak yang menghancurkan terhadap Portugis di lapangan terbuka tetapi sebagian besar tidak efektif terhadap sasaran yang dibentengi.[8]

Kelemahan terbesar Sitawaka yang menghalangi mereka untuk sepenuhnya menghilangkan pengaruh Eropa di pulau ini adalah kurangnya pengalaman mereka dalam perang pengepungan dan lemahnya angkatan laut mereka. Sitawaka tidak memiliki artileri pengepungan yang dapat secara signifikan merusak benteng yang dibangun oleh Portugis yang jauh lebih berpengalaman dalam perang pengepungan karena konflik terus-menerus dengan bangsa Moor di Semenanjung Iberia dan Afrika Utara. Oleh karena itu, Sitwaka harus bergantung sepenuhnya pada tenaga kerjanya yang besar untuk menambang benteng Portugis selama pengepungan. Portugis menggunakan angkatan lautnya yang lebih unggul untuk mempertahankan benteng pantai dengan membombardir pasukan Sitawaka dan mendatangkan bala bantuan dari India. Rajasinha I berusaha membangun angkatan laut yang mumpuni dan meminta bantuan dari laksamana Kunjali di Kalikut dan kekuatan angkatan laut Sumatra di Aceh. Hasilnya, Sitawaka berhasil membangun angkatan laut kecil yang meski tidak efektif melawan angkatan laut Portugis namun berhasil menghambat perdagangan dan perbekalan.[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ John Davy, An Account of the Interior of Ceylon, 1812
  2. ^ Roland Raven-Hart,Ceylon: A History in Stone,1964
  3. ^ P.E.Pieris, Ceylon and the Portuguese 1505 - 1658, p95
  4. ^ P.E.Pieris, Ceylon and the Portuguese 1505 - 1658, p93
  5. ^ The British invasion of 1815 – the march to Kandy, Ananda Abayaratna (Sunday Times) Accessed 2015-10-16
  6. ^ The colourful king of Kandy Diarsipkan 4 March 2016 di Wayback Machine., Chandra Tilake Edirisuriya (Ceylon Today) Accessed 2015-10-16
  7. ^ Touring the Colonial battlefields: Colombo, Chryshane (Laksadun Org) Accessed 2015-10-16
  8. ^ Saturnino Monteiro (2011) Portuguese Sea Battles – Volume IV – 1580–1603 p. 195
  9. ^ de Silva, C. R. (1977). "The Rise and Fall of the Kingdom of Sitawaka (1521-1593)". The Ceylon Journal of Historical and Social Studies. VII: 1–43 – via University of Peradeniya.