Kepulauan Phi Phi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lokasi Kepulauan Phi Phi
Pantai Mahya di Ko Phi Phi Lee

Kepulauan Phi Phi (bahasa Thailand: หมู่เกาะพีพ) terletak di Thailand, antara pulau Phuket dan Thailand daratan. Secara politik kepulauan ini merupakan bagian dari Provinsi Krabi.

Ko Phi Phi Don ("ko" berarti pulau dalam bahasa Thailand) adalah pulau terbesar dalam kepulauan ini, dan merupakan satu-satunya pulau dengan penduduk permanen meskipun pantai dari pulau terbesar kedua, Ko Phi Phi Lee sering dikunjungi oleh banyak turis. Tidak ada fasilitas akomodasi dalam pulau ini, namun perjalanan dari Ko Phi Phi Don hanya membutuhkan waktu sebentar saja. Pulau-pulau lainnya tidak lebih dari batu-batu karang besar yang mencuat ke permukaan laut.

Ko Phi Phi Lee menjadi pulau terkenal, setelah difiturkan dalam film The Beach. Ada kritikan dari film tersebut yang memberikan izin untuk mengubah lingkungan dari pulau ini adalah ilegal [1].

Pada 26 Desember 2004, Phi Phi Don hancur oleh tsunami akibat Gempa bumi Samudra Hindia. Pada 13 Mei 2005, hampir seluruh bisnis di pulau ini telah beroperasi kembali dengan alarm seluruh-pulau dan fasilitas keamanan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Search Wikimedia Commons Wikimedia Commons memiliki kategori mengenai Kepulauan Phi Phi
Search Wikivoyage Panduan wisata Ko Phi Phi di Wikivoyage.

Koordinat: 7°44′0″LU 98°46′0″BT / 7,73333°LU 98,76667°BT / 7.73333; 98.76667