Kemungkinan logis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"Langit berwarna biru" mungkin secara logis, namun "kecemburuan berwarna biru" tidak mungkin secara logis karena melanggar asas logika.

Kemungkinan logis merujuk kepada suatu proposisi yang tidak kontradiktif secara logis. Ini berarti bahwa suatu proposisi dianggap mungkin secara logis bila ada cara agar proposisi tersebut menjadi benar. Misalnya, "langit berwarna biru" adalah proposisi yang mungkin secara logis karena ada cara logis agar dunia menjadi seperti itu. Tanpa memedulikan warna langit yang sebenarnya, selama proposisi itu koheren secara logis maka proposisi itu mungkin secara logis. Misalnya, "langit berwarna hijau", walaupun salah, merupakan sesuatu yang mungkin secara logis selama prinsip dasar logika tidak dilanggar.

Sementara itu, proposisi yang tidak mungkin secara logis adalah proposisi yang tak mungkin benar dalam keadaan apapun di alam semesta manapun karena melanggar asas-asas logika. Sebagai contoh, walaupun "langit berwarna hijau" itu mungkin secara logis, "segitiga yang berbentuk lingkaran" atau "kecemburuan berwarna hijau" tidak mungkin secara logis.[1]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Newton-Smith, W. H. (1985). Logic. Routledge. hlm. 206. ISBN 0-415-04525-8. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]