Kemunduran Amerika Serikat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kemunduran Amerika Serikat merupakan gagasan yang beranggapan bahwa Amerika Serikat semakin berkurang secara relatf dalam bidang bidang tertentu seperti geopolitik, militer, finansial, ekonomi dan lain lain. Selain itu, hal demikian juga merujuk pada penurunan absolut secara moral, sosial, demografis dan budaya. Dalam hal layanan kesehatan dan masalah lingkungan juga menjadi permasalahan utama mengapa gagasan ini bisa muncul.[1] Menurunnya keunggulan dan jangkauan geopolitik yang berlebihan dan perubahan kondisi moral telah dikaitkan dalam pembahasan utama dalam gagasan yang muncul khususnya pada awal tahun 2010 an. Beberapa ahli menyatakan bahwa pandangan kemunduran atau declining telah menjadi bagian dari kajian keilmuan di Amerika Serikat sejak lama.

Faktor[sunting | sunting sumber]

Gagasan yang muncul ini pastinya bukan tidak tanpa sebab. Pasalnya Amerika Serikat secara general didukung melalui tiga sektor utama. Pertama yaitu kekuatan ekonomi, Kedua, Kekuatan militer, Ketiga, Kekuatan dominasi budaya.[2] Beberapa ilmuan amerka serikat selama 10 terakhir konsisten mengamati tiga pilar utama yang satu dasawarsa mengalami penurunan dimana kekuatan ekonomi mengurangi penurunan dalam pengeluaran defisit dan penurunan neraca perdagangan. Kekuatan militer yang dimana menurun dikarenakan faktor internal dari Amerika Serikat sendiri dimulai dari penjangkauan geopolitik yang "kurang" memiliki dampak dalam kepentingan nasional Amerika Serikat.[3] Dalam hal dominasi budaya pada era sekarang Amerika Serikat bukan lagi menjadi "tokoh sentral" dalam influensi budaya dunia. Selain itu budaya mengalami kemunduran diakibatkan karena pergeseran dan sikap masyarakat dunia. Sehingga mempengaruhi dalam kondisi moral, sosial dan perilaku masyarakat.

Sentimen Publik[sunting | sunting sumber]

Sebuah survei yang dilakukan oleh Pew Reseach Center pada Novermber 2018 dimana tentang pandangan masyarakat Amerika Serikat mengenai mundurnya Amerika Serikat. Menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat berpandangan bahwa amerika serikat terancam dalam bidang ekonomi dimana defisit yang berkelanjutan dan juga utang negara yang semakin naik.[4] Hal ini semakin menguatkan gagasan tentang kemunduran Amerika Serikat yang diprakarsai oleh beberapa peneliti.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Is America in Decline?". TIME (dalam bahasa Inggris). 2024-04-17. Diakses tanggal 2024-04-27. 
  2. ^ Porich, Jimmy (2022-07-06). "10 reasons to doubt the United States of America is in political decline". Study (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-04-27. 
  3. ^ "The Hidden Meaning of American Decline". HuffPost (dalam bahasa Inggris). 2018-05-24. Diakses tanggal 2024-04-27. 
  4. ^ "Understanding democratic decline in the United States". Brookings (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-04-27.