Kemulukan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Di bidang psikologi, istilah grandiosity atau kemulukan mengacu pada rasa superioritas yang tidak realistis. Biasanya dicirikan oleh pandangan berkelanjutan bahwa dirinya sendiri lebih baik daripada orang lain, yang diekspresikan dengan mengkritik orang lain secara hina, melebih-lebihkan kemampuan sendiri dan meremehkan orang lain dan selalu menganggap orang lain inferior. Istilah ini juga mengacu pada rasa keunikan pribadi yang berlebihan, keyakinan bahwa hanya sedikit orang yang memiliki kesamaan dengan dirinya sendiri, dan keyakinan bahwa dirinya hanya dapat dipahami oleh beberapa orang yang sangat istimewa.[1] Sifat kepribadian grandiositas terutama terkait dengan gangguan kepribadian narsistik (narcissistic personality disorder/NPD), tetapi juga merupakan ciri dalam dan ekspresi gangguan kepribadian antisosial, dan episode manik dan hipomanik dari gangguan bipolar.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Elsa F. Ronningstam (2005). Identifying and Understanding the Narcissistic Personality. Oxford University Press. ISBN 978-0-19-803396-7. 
  2. ^ Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders Fourth edition, Text Revision (DSM-IV-TR) American Psychiatric Association (2000)