Kelompok pelatihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Grup-T atau kelompok pelatihan (terkadang juga disebut sebagai kelompok pelatihan sensitivitas, kelompok pelatihan hubungan manusia, atau kelompok pertemuan ) adalah suatu bentuk pelatihan kelompok di mana peserta (biasanya antara delapan hingga lima belas orang) belajar tentang diri mereka sendiri (dan tentang kelompok kecil). proses secara umum) melalui interaksinya satu sama lain. Mereka menggunakan umpan balik, pemecahan masalah, dan permainan peran untuk mendapatkan wawasan tentang diri mereka sendiri, orang lain, dan kelompok.

Studi eksperimental telah dilakukan dengan tujuan untuk menentukan dampak apa, jika ada, partisipasi dalam kelompok T terhadap para peserta. Misalnya, artikel tahun 1975 oleh Nancy E. Adler dan Daniel Goleman [1] menyimpulkan bahwa "Siswa yang berpartisipasi dalam kelompok T menunjukkan perubahan yang jauh lebih besar terhadap tujuan yang mereka pilih dibandingkan mereka yang tidak berpartisipasi." Carl Rogers menggambarkan kelompok sensitivitas sebagai "...penemuan sosial paling signifikan abad ini".[2]

Konsep[sunting | sunting sumber]

Lingkaran perjumpaan mungkin merupakan salah satu cara untuk melaksanakan pertemuan Grup-T

Konsep perjumpaan sebagai "pertemuan dua orang, tatap mata, tatap muka", diartikulasikan oleh JL Moreno di Wina pada tahun 1914–15, dalam bukunya "Einladung zu einer Begegnung" ("Undangan ke Pertemuan"), yang semakin matang. dalam terapi psikodramanya . Ini dipelopori pada pertengahan tahun 1940-an oleh anak didik Moreno , Kurt Lewin dan rekan-rekannya sebagai metode pembelajaran tentang perilaku manusia di Laboratorium Pelatihan Nasional (juga dikenal sebagai Institut NTL) yang didirikan oleh Kantor Penelitian Angkatan Laut dan Badan Penelitian Angkatan Laut . Asosiasi Pendidikan Nasional di Bethel, Maine, pada tahun 1947. Pertama kali dipahami sebagai teknik penelitian dengan tujuan untuk mengubah standar, sikap dan perilaku individu, Grup-T berkembang menjadi skema pendidikan dan pengobatan untuk pasien non-psikiatris.[3]

Pertemuan Grup-T tidak memiliki agenda, struktur, atau tujuan yang jelas. Di bawah bimbingan seorang fasilitator, peserta didorong untuk berbagi reaksi emosional (misalnya kemarahan, ketakutan, kehangatan, atau iri hati) yang muncul sebagai respons terhadap tindakan dan pernyataan sesama peserta. Penekanannya adalah pada berbagi emosi, bukan pada penilaian atau kesimpulan. Dengan cara ini, peserta Grup-T dapat mempelajari bagaimana kata-kata dan tindakan mereka memicu respons emosional pada orang yang berkomunikasi dengan mereka.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Adler, Nancy E.; Goleman, Daniel (1975). "Goal Setting, T-Group Participation, and Self-Rated Change: An Experimental Study". The Journal of Applied Behavioral Science. 11 (2): 197–208. doi:10.1177/002188637501100205. 
  2. ^ Quoted in S. S. Fehr, Introduction to Group Therapy (2003) p.22
  3. ^ "Higher Education Support | McGraw Hill Higher Education". 

Referensi lanjutan[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Carl Rogers, Grup Pertemuan, 1970
  • Crosby, G. "Perubahan yang Direncanakan: Mengapa Ilmu Sosial Kurt Lewin Masih Menjadi Praktik Terbaik untuk Hasil Bisnis, Manajemen Perubahan, dan Kemajuan Manusia." (2021)ISBN 978-0-367-53577-3 ( Routledge ) Bab 10 adalah "Kelahiran Grup-T."
  • William Schutz, Elemen Pertemuan, 1973
  • Gerald Corey, Teori dan Praktek Konseling Kelompok, edisi kedua, 1985
  • Lieberman, Morton A.; Miles, Matthew B.; Yalom, Irvin D. (1973). Encounter Groups: First FactsPerlu mendaftar (gratis). New York: Basic Books. ISBN 978-0-465-01968-7. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]