Kaukus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kaukus (Bahasa Inggris: caucus) secara umum didefinisikan sebagai sebuah pertemuan dari para pendukung atau anggota sebuah partai politik atau gerakan. Definisi umum ini diambil dari kenyataan penggunaan kata ini di Amerika Serikat. Di negara-negara lain, kata ini belum tentu memiliki makna yang sama.

Asal Kata[sunting | sunting sumber]

Asal-usul kata "kaukus" masih dalam perdebatan, walaupun secara umum telah disetujui bahwa kata tersebut masuk ke dalam Bahasa Inggris lewat Amerika Serikat. Berdasarkan beberapa sumber, kata ini berasal dari kata Bahasa Algonquin untuk "menasehati" ('cau´-cau-as´u'), dan kemungkinan diperkenalkan ke dalam kosa kata politik Amerika lewat Partai Demokrat di New York yang dikenal sebagai Tammany Hall, yang suka mempergunakan berbagai kata Bahasa Indian. Sumber-sumber lain menyebutkan bahwa kata tersebut diambil dari Bahasa Latin kuno yang bermakna "alat minum", dan menghubungkannya dengan Caucus Club di Boston pada zaman kolonial.

Kaukus Dalam Politik Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Dalam politik dan pemerintahan Amerika Serikat, kata "kaukus" memiliki beberapa arti yang berbeda tapi saling berhubungan.

Salah satu artinya adalah sebuah pertemuan dari para anggota partai politik atau organisasi yang lebih kecil di bawahnya untuk mengkoordinasikan kegiatan anggota-anggota tersebut, menentukan kebijaksanaan kelompok, atau mencalonkan kandidat untuk berbagai posisi. Kata ini seringkali digunakan untuk mendiskusikan "kaukus-kaukus" yang digunakan oleh beberapa negara bagian untuk menentukan calon-calon presiden, misalnya Kaukus Iowa. Sejalan dengan konsep ini, dalam sejarah awal Amerika Serikat, Kaukus Pencalonan Kongres Amerika Serikat dan Kaukus Legislatif adalah pertemuan-pertemuan para anggota Kongres Amerika Serikat yang memiliki pengaruh kuat untuk menentukan calon partai untuk posisi Presiden dan menentukan kebijaksanaan dasar partai. Kaukus-kaukus yang sama juga diadakan oleh partai-partai politik di tingkat negara bagian.

Arti lain dari kata ini adalah untuk mengelompokkan para pejabat sesuai dengan afiliasi atau etnis mereka, biasanya untuk memengaruhi suatu kebijaksanaan. Dalam tingkat tertinggi, di Kongres Amerika Serikat dan di banyak dewan perwakilan rakyat tingkat negara bagian, anggota-anggota Partai Demokrat dan Partai Republik mengorganisasikan diri mereka sendiri ke dalam sebuah kaukus (kadang-kadang disebut sebuah "konferensi"). Kaukus yang lebih kecil bisa terjadi di dalam tubuh legislatif, seperti yang terjadi dalam sistem bipartisan (gabungan antara dua partai politik) atau bahkan sistem bikameral (dimana anggotanya memegang jabatan baik di Senat maupun di House of Representative atau Dewan Perwakilan Rakyat).

Dari sekian banyak Kaukus Kongres Amerika Serikat, yang paling terkenal adalah Kaukus Kongres Kulit Hitam (Congressional Black Caucus), sebuah kelompok anggota Kongres Amerika Serikat yang berkulit hitam. Contoh penting lainnya adalah Kaukus Kongres Amerika Serikat Keturunan Amerika Latin (Congressional Hispanic Caucus) yang anggota-anggotanya menyuarakan dan mengangkat masalah-masalah yang menyangkut penduduk keturunan Amerika Latin di Amerika Serikat, termasuk Puerto Rico.

Di jalur yang berbeda, Kaukus Kongres Internet (Congressional Internet Caucus) adalah kelpompok bipartisan yang berkeinginan untuk mempromosikan perkembangan dan kemajuan teknologi internet. Kaukus Kongres lainnya seperti Kaukus Keluar dari Iraq (Out of Iraq Caucus) adalah sebuah kecenderungan atau faksi politik terorganisir yang terbuka (di dalam Kaukus Kaum Demokrat di Dewan Perwakilan Rakyat dalam hal ini), dan berjuang untuk mencapai tujuan-tujuan politik, mirip dengan konsep "platform" di Eropa tapi secara umum terorganisasi untuk satu masalah saja.

Di antara kelompok-kelompok Sayap Kiri Amerika, sebuah kaukus bisa jadi adalah sebuah faksi politik dalam kelompok tersebut, sejajar dengan "platform"-nya Eropa. Contoh-contohnya meliputi kaukus-kaukus "Debs", "Coalition" dan "Unity" dari Partai Sosialis Amerika pada tahun-tahun terakhir mereka.