Katrineholm

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Katrineholm ialah sebuah kota (pdd. 22.500) di Södermanland, Swedia dan ibukota Kotamadya Katrineholm, Daerah Södermanland.

Nama Katrineholm berasal dari sala satu penduduk yang tinggal di sini Catherina Gyllenhorn. Permukiman ini mulai berkembang saat menjadi persimpangan jalur KA yang menghubungkan Stockholm - Göteborg), dan Stockholm - Malmö. Pada tahun 1917 kota ini berpenduduk 6.000 dan pada tahun 1971 menjadi ibukota Kotamadya Katrineholm.

Sekarang[sunting | sunting sumber]

Katrineholm memiliki sektor industri yang kuat, dengan sedikit perusahaan multinasional yang berperan dalam ekonominya (mis. Ericsson, Scania, dll.), namun pada tahun 1990-an beberapa perusahaan itu mengurangi angkatan kerjanya di Katrineholm. Transportasi rel dari dan ke Katrineholm telah berkurang pada tahun-tahun terakhir. Majalah Fokus 2007 mencatat bahwa Katrineholm menduduki peringkat ke-270 [1] dari sekitar 290 kota di Swedia.

Selama 1970-an dan 1980-an tim bandy kota ini menjadi salah satu yang terbaik dalam liga nasional Swefia. Federation of International Bandy bermarkas di Katrineholm. Sekarang kita bisa melihat bandy di tebingnya, dari pertandingan internal dalam kedua klub itu (KSK & Värmbol).

Tokoh terkenal dari Katrineholm[sunting | sunting sumber]