Katekyō Hitman Reborn!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Katekyō Hitman Reborn!
Viz1421506718.jpg
Genre Shonen, Action
Manga
Pengarang  Amano Akira
Penerbit  Bendera Jepang Shueisha
Anime
Sutradara  Kenichi Imaizumi
Studio Artland
Portal Anime dan Manga

Katekyō Hitman REBORN! (家庭教師ヒットマンREBORN!), atau di beberapa negara dikenal juga dengan nama Reborn! saja, adalah manga dan anime karya Akira Amano yang berjenis komedi dan action.

Manga ini diterbitkan di Jepang oleh Jump Comics milik Shueisha dan muncul secara berseri di dalam majalah Weekly Shonen Jump. Sebuah adaptasi anime juga telah dibuat dan ditayangkan perdana di jaringan televisi Jepang TV Tokyo. Serial anime ini ditangani pembuatannya oleh Artland.

Hak cipta serial ini di Amerika Serikat dimiliki oleh Viz Media dan rating yang didapatnya adalah remaja.

Amano Akira[sunting | sunting sumber]

Mangaka kelahiran tahun 1973 di Aichi. Debut sebagai mangaka dimulai tahun 1998 dengan karya Shonen Spin yang dimuat di majalah Young Magazine terbitan Kodansha. Karya lain beliau selama di penerbit Kodansha adalah Neppuu Yakyuu Densetsu Picchan , Puchi Puchi Rabii , dan MONKEY BUSINESS . Karier sebagai mangaka Jump dimulai setelah karya Bakuhatsu Hawk dimuat di Akamaru Jump.

Ide menulis Reborn! muncul ketika sensei ingin membuat shonen manga yang unik dan berbeda dari yang sudah ada. Ia ingin membuat cerita dari sebuah kelompok yang terdiri dari pahlawan dan orang yang kelak akan menjadi pahlawan. Sewaktu mencari ide, sensei tertarik dengan mafia yang dianggapnya unik karena meski mereka bukan orang baik, tapi mafia dianggap pahlawan oleh masyarakat sekitarnya. Sedangkan ide mengenai Shinukidan muncul ketika beliau dan teman-temannya sehabis makan es krim mendiskusikan tentang kematian dan apa yang terjadi sesudahnya. Salah seorang temanya membicarakan segala penyesalan yang dimiliki saat ajalnya menjemput. Sambil bercanda sensei berkata bahwa penyesalan yang dimilikinya itu bisa saja membuatnya hidup kembali. Pembicaraan itu melekat di pikiran sensei yang lalu diwujudkan dalam Shinukidan.

Jalan Cerita[sunting | sunting sumber]

Sawada Tsunayoshi atau Tsuna adalah murid SMP Namimori. Payah dalam pelajaran, lemah dalam olahraga sehingga dijuluki Dame Tsuna (No-Good Tsuna). Suatu hari, Ibu Tsuna (Sawada Nana) mendapat kiriman brosur tentang home tutor (katekyoshi) dan langsung menerimanya. Tetapi home tutor yang muncul adalah sesosok bayi berjas hitam yang memperkenalkan diri sebagai Reborn, hitman khusus yang datang dari Italia untuk mendidik Tsuna sebagai calon Vongola X (Vongola Decimo/Vongola Juudaime). Dengan kata lain, Reborn hendak menjadikan Tsuna menjadi pemimpin Vongola Family (keluarga mafia Vongola). Tsuna tentu saja tidak percaya dan mati-matian menolak, namun kemauan serta kekuatan Reborn lebih kuat sehingga ia hanya bisa pasrah dibawah didikan Reborn. Dengan didikan Reborn yang keras, Tsuna mempelajari segala sesuatu yang perlu diketahuinya sebagai mafia, termasuk Shinukidan (Dying Will Bullet) dan Shinuki no Honoo (Dying Will Flame) yang merupakan kekuatan yang hanya dimiliki anggota keturunan Vongola secara turun temurun. Sepanjang jalannya cerita, meskipun masih menolak terlibat dengan mafia, Tsuna tanpa sepengetahuannya mulai tumbuh menjadi kuat dan percaya diri yang membuatnya jauh lebih cocok untuk menjadi pemimpin Vongola. Dia juga membangun persahabatan dengan beberapa orang.

Tsuna melewati berbagai rintangan dan cobaan dalam jalannya menjadi pemimpin Vongola termasuk melawan mafia kriminal yang menyamar sebagain murid SMP Kokuyo. Lalu Varia, pasukan pembunuh Vongola yang di pimpin oleh Xanxus, anak Vongola kesembilan yang mengincar kedudukan tampuk keluarga Vongola dan menjalankan kompetisi untuk menentukannya. Untuk mengalahkan Varia, Reborn merekrut sebagian teman sekelas Tsuna untuk menjadi Guardian-nya: Gokudera Hayato, expert dinamit yang ingin menjadi tangan kanan Tsuna, Yamamoto Takeshi, yang berpikir mafia hanyalah sebuah permainan, Sasagawa Ryohei, kapten klub boxing Namimori yang enerjik, Hibari Kyoya, ketua komite kedisiplinan SMP Namimori, Lambo, mafia cengeng dari keluarga Bovino dan Chrome Dokuro, perempuan yang mempunyai hubungan fisik dan mental dengan kriminal Rokudo Mukuro juga bergabung. Setelah mengalahkan Varia, Tsuna dan teman-temannya dikirim ke masa depan dan harus menghadapi keluarga Millefiore, rival Vongola yang berusaha untuk menghancurkan Vongola. Mereka mengetahui bahwa seluruh Arcobaleno kecuali Reborn masa lalu telah di bunuh dan untuk mengubah masa depan, mereka harus mengalahkan pemimpin keluarga Millefiore, Byakuran yang memiliki kekuatan untuk berkomunikasi dengan dirinya di dunia parallel lainnya.

Setelah mengalahkan Byakuran, Tsuna dan lainnya kembali ke masa lalu dan mandapat kabar bahwa Tsuna harus menjalani upacara pengangkatan Tsuna untuk menjadi pemimpin Vongola yang resmi. Akan tetapi, upcara tersebut di serang oleh keluarga Shimon, yang bersumpah untuk balas dendam karena pemimpin pertama mereka, Shimon Cozart, di khianati oleh pemimpin Vongola pertama, Giotto. Menggunakan kekuatan cincin-cincin Shimon, mereka mampu menghancurkan cincin-cincin Vongola, meninggalkan Yamamoto terluka parah, dan menculik Chrome. Tetapi, seorang pria tua bernama Talbot datang dan merekonstruksi cincin-cincin Vongola menjadi Vongola Gear. Tsuna bersama dengan Guardian yang tersisa pergi ke tempat persembunyian Shimon dan di sanalah mereka harus melawan Shimon dengan kebanggaan mereka sebagai taruhannya. Sebagai gantinya, siapapun yang dianggap kalah akan di penjara dalam penjara air Vendici seumur hidup. Tiap menang dan kalah dalam pertempuran tersebut, akan diberikan kunci yang menunjukkan masa lalu Shimon Cozart dan Vongola Giotto. Sementara pertempuran berlanjut, diketahui Daemon Spade, salah satu Guardian keluarga Vongola pertama, adalah orang yang meculik Chrome dan dalang di balik pertempuran antara kedua keluarga tersebut dengan agenda tersendiri.

Setelah pertarungan melawan Daemon Spade berakhir, Arcobaleno mengalami mimpi yang sama dimana mereka didatangi oleh pria bertopi besi, Checker Face, yang ternyata tidak lain adalah orang yang bertanggung jawab mengumpulkan Arcobaleno dan mengubah mereka menjadi bayi dengan 'Niji no Noroi' (Curse of the Rainbow). Dalam mimpi tersebut, Checker Face menawarkan jalan kepada Arcobaleno untuk bebas dari kutukan mereka dengan menjalankan pertarungan royal dimana para Arcobaleno harus memilih orang-orang untuk bertarung mewakili mereka, dan Arcobaleno yang wakil-wakilnya berhasil bertahan hingga akhir akan terbebas dari kutukan yang mengikat mereka.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Vongola Family[sunting | sunting sumber]

Sawada Tsunayoshi[sunting | sunting sumber]

Sawada Tsunayoshi atau Tsuna, adalah tokoh utama cerita berumur 14 tahun. Dia merupakan pemimpin generasi kesepuluh Vongola dari pemimpin pertama keluarga Vongola, keluarga Mafia terkuat diseluruh pelosok Italia, Vongola Primo, Giotto. Karena ketidakmampuannya baik dalam hal pelajaran sekolah maupun olah raga, dia mendapat julukan "Dame-Tsuna" (No-Good Tsuna) oleh seluruh siswa di sekolahnya, SMP Namimori. Setelah diinformasikan bahwa dia adalah keturunan keluarga Vongola Pertama dan meninggalnya kandidat-kandidat Vongola yang lain, dia dilatih untuk menjadi pemimpin Vongola kesepuluh oleh hitman ternama, Reborn. Dalam sebagian besar cerita, Tsuna menolak untuk menjadi pemimpin Vongola atau berhubungan dengan Mafia dan semacamnya, namun, setelah melewati berbagai macam konflik yang menjerumuskan dirinya dan teman-temannya, kekuatannya meningkat dan ia sendiri pun mulai menerima takdirnya. Saat bertarung, Tsuna menggunakan Hihandan (Criticism Bullet) yang mampu membuatnya memasuki Hyper Dying Will Mode, keadaan yang melepaskan seluruh limiter dalam tubuh Tsuna dan melepaskan seluruh potensial bertarung Tsuna baik fisik maupun mental. Sama seperti Vongola Primo, senjata utama dan andalan Tsuna adalah sepasang gloves yang disebut X-Gloves.

Reborn[sunting | sunting sumber]

Reborn adalah Arcobaleno dan pemegang Pacifier Arcobaleno berwarna kuning berelemen Hare (Sun). Reborn merupakan hitman dari keluarga Vongola dan orang kepercayaan Vongola IX. Dia menjadi pelatih Tsuna untuk menjadikan murid-nya itu menjadi pemimpin Vongola kesepuluh. Dia sering menembak Tsuna dengan peluru spesial, Shinuki-Dan (Dying Will Bullet) untuk meningkatkan kapabilitas murid-nya tersebut. Karena bukan anggota resmi Vongola dan hanya berstatus sebagai guru Tsuna, dia tidak diperbolehkan untuk turun tangan langsung dalam pertarungan Tsuna dan hanya boleh mengamati, kecuali jika dia diserang, di diperbolehkan untuk membela diri. Dia selalu ditemani oleh rekannya, Leon, bunglon hijau yang bisa berubah bentuk menjadi senjata untuk Reborn. Dalam situasi apapun, Reborn selalu tenang dan berwajah datar sebisa mungkin. Dia punya hobi aneh menyamar menjadi "orang lain", yang hanya bisa dikenali oleh Tsuna, Dino, dan Hibari.

Gokudera Hayato[sunting | sunting sumber]

Gokudera Hayato, adalah murid pindahan dikelas Tsuna yang ternyata adalah mafia bersenjatakan dinamit dan menyandang julukan "Smoking Bomb Hayato" atau "Hurricane Bomb Hayato". Awalnya, dia datang ke Jepang untuk menguji Tsuna apakah dia pantas menjadi pemimpin Vongola. Tapi, setelah nyawanya diselamatkan Tsuna, dia langsung menjadi setia pada Tsuna dan menyatakan dirinya sebagai tangan kanan-nya. Sifatnya yang tidak sabaran dan kasar membuatnya sering terlibat dalam perkelahian dan mengancam setiap orang yang dia rasa terlalu dekat dan tidak sopan pada Tsuna. Dibalik sifatnya, Gokudera adalah anak jenius, berhasil menyelesaikan seluruh pelajarannya dengan nilai sempurna.

Yamamoto Takeshi[sunting | sunting sumber]

Yamamoto Takeshi, adalah bintang pemain baseball SMP Namimori. Meskipun bersifat ceria dan optimis, Yamamoto sebenarnya tidak punya rasa percaya diri dalam hal apapun selain baseball. Bahkan berniat bunuh diri setelah tangannya cedera berat. Setelah Tsuna menenangkannya, mereka menjadi teman dekat, dan Reborn mencoba merekrutnya untuk menjadi keluarga Tsuna. Karena sifatnya yang terbilang naif, dia tidak pernah menghadapi apapun dengan serius dan bahkan mengira bahwa Mafia hanyalah permainan yang diatur Reborn. Meskipun telah menjadi anggota Vongola berkaliber tinggi dan loyal, dengan kemampuannya dalam berpedang yang membuatnya menyandang julukan "Sword Emperor", ia masih belum mengerti secara sempurna dengan Mafia disekitarnya.

Lambo[sunting | sunting sumber]

Lambo, adalah hitman berumur 5 tahun dari keluarga Bovino yang datang ke Jepang untuk membunuh Reborn demi membuktikan boss-nya bahwa dia bisa menjadi pemimpin Bovino berikutnya. Meskipun seorang hitman, umurnya yang masih muda membuatnya cengeng dan tidak dewasa, yang membuat Tsuna dan lainnya sering merasa terganggu. Senjata yang paling sering digunakannya adalah granat dan 10-Year-Bazooka yang dapat menukar dirinya sendiri dengan dirinya pada masa depan selama lima menit. Lambo yang berumur 15 tahun jauh lebih kuat, tapi masih cengeng dan hampir tidak ada bedanya dengan dirinya yang masih muda.

Sasagawa Ryohei[sunting | sunting sumber]

Sasagawa Ryohei, adalah kapten klub tinju SMP Namimori. Dia punya kebiasaan mengajak siapapun yang dia anggap pantas untuk masuk kedalam klubnya, terutama Tsuna. Karena sering berpikiran pendek dan enerjik, dia selalu ikut dalam berbagai aktivitas Tsuna dan lainnya tanpa mempedulikan detil-detilnya dan tidak sepenuhnya mengerti tentang mafia. Tapi, dia tetap berjuang untuk melindungi teman-temannya dan bertarung dengan semangat dan percaya diri seperti lainnya. Karena telah berlatih tinju selama bertahun-tahun, die memliki fisik dan stamina yang paling tinggi di antara keluarga Tsuna. Dia punya kebiasaan mengucapkan "Kyokugen" (to the extreme) dalam setiap kalimatnya.

Hibari Kyoya[sunting | sunting sumber]

Hibari Kyoya, adalah ketua komite kedisiplinan SMP Namimori, yang anggotanya adalah preman-preman yang setia padanya, meskipun yang bersangkutan tidak terlalu peduli. Meskipun selalu bicara dengan nada yang tenang, Hibari merupakan petarung yang tangguh tapi keras dan maniak bertarung dengan bersenjatakan tonfa sebagai senjata utamanya. Meskipun selalu menggunakan status-nya untuk mepermalukan dan menakuti lainnya, ia memiliki kebanggaan besar terhadap sekolah-nya dan lembut pada binatang kecil dan anak-anak dibawah umur seperti I-Pin. Dia memiliki seekor burung kecil yang dijuluki Hibird (Hibari's Bird) yang selalu menempel pada Hibari dan menyanyikan lagu SMP Namimori. Tidak hanya murid, dia juga ditakuti oleh guru-guru dan seluruh penduduk Namimori dan beberapa penduduk kota lainnya karena ia telah menyebarkan pengaruhnya keseluruh pelosok kota. Dia senang sendiri, dan akan menghajar siapa saja yang ia anggap mengganggunya.yang sebenarnya hibari sering memperkosa wanita yang menggangunya termasuk anggota komitenya sendiri,

Rokudo Mukuro[sunting | sunting sumber]

Rokudo Mukuro, adalah kriminal yang berhasil kabur dari sebuah penjara di Itali yang mengurung sebagian besar penjahat-penjahat berbahaya. Ia, dan dua anak buah-nya datang ke Jepang dan mengambil alih SMP Kokuyo dan menciptakan Kokuyo Gang, yang beranggotakan kriminal-kirminal mafia. Pencipta ilusi dan ahli tingkat tinggi dalam Mind Control, ia berniat membalas dendam pada Mafia dengan merasuki tubuh Tsuna dan memulai perang Mafia. Setelah rencananya digagalkan oleh Tsuna dan teman-temannya, Mukuro dipenjara dalam penjara air Vendice. Akan tetapi, setelah merasuki tubuh Chrome Dokuro, dia menjadi tokoh suportif untuk Tsuna dan teman-temannya, meskipun dia masih menyatakan sudah bukan mafia lagi dan lebih memilih untuk menjauhi aktivitas mafia dan yang berhubungan dengan itu.

Chrome Dokuro[sunting | sunting sumber]

Chrome Dokuro, adalah gadis berumur 13 tahun yang bernama asli Nagi. Mukuro menggunakan-nya sebagai wadah setelah menyelamatkan nyawanya dalam kecelakaan lalu lintas dengan menciptakan organ ilusi untuk menggantikan organnya yang hilang dari kecelakaan tersebut. Bersama dengan Mukuro, dia menjadi Mist Guardian dan anggota keluarga Tsuna. Karena bersatu tubuh dengan Mukuro, Chrome dapat menggunakan kekuatan Rokudo Rinne (Six Paths of Reincarnation) milik Mukuro, yang antara lain adalah menciptakan ilusi dan memanggil binatang-binatang beracun, dan bersenjata andalan Trident yang juga adalah milik Mukuro. Jika ia dalam keadaan terpojok saat bertarung, Mukuro mengambil alih tubuhnya dan bertarung menggantikannya.

Antagonis[sunting | sunting sumber]

Kokuyo Gang[sunting | sunting sumber]

Grup yang diciptakan dan dipimpin oleh Mukuro yang anggotanya terdiri dari kriminal-kriminal mafia. Grup ini diciptakan tidak lama setelah Mukuro mengambil alih SMP Kokuyo, dengan ambisi menghancurkan mafia dan menyebabkan perang dunia. Anggota-anggotanya antara lain adalah, Joshima Ken, Kakimoto Chikusa, Lancia, M.M, Birds, dan Bloody Twins. Setelah mereka dikalahkan, seluruh anggota Kokuyo ditahan oleh Vendicare, kecuali Ken dan Chikusa yang berhasil lolos berkat bantuan Mukuro yang membiarkan dirinya sendiri untuk ditangkap dan sebagai gantinya menjadi Mist Guardian Tsuna. Sementara Mukuro dipenjara, Chrome Dokuro, gadis yang menjadi wadah bagi Mukuro bergabung dengan Kokuyo, yang kemudian disusul oleh Flan, pencipta ilusi yang menjadi murid Mukuro.

Varia[sunting | sunting sumber]

Pasukan pembunuh khusus Vongola yang dipimpin oleh anak angkat Vongola IX, Xanxus, yang bertujuan menduduki posisi pemimpin Vongola kesepuluh. Bersama dengan anak buahnya, mereka menyatakan perang pada keluarga Tsuna yang berujung dengan konflik cincin (Ring Conflict), sebuah turnamen dimana masing-masing pihak harus saling memperebutkan cincin yang mereka miliki yang berelemen sama, dengan pihak yang memiliki cincin yang lebih banyak menjadi kandidat keluarga Vongola kesepuluh yang resmi. Anggota-anggota Varia antara lain adalah, Superbia Squalo, Lussuria, Leviathan, Belphegor, Mammon, dan Gola Mosca. Setelah kalah dalam konflik cincin Vongola oleh Tsuna dan keluarganya, Varia kembali ke Itali dan dihukum. Dalam pertarungan cincin Cloud, Gola Mosca dihancurkan oleh Tsuna dan tidak memiliki pengganti,sehingga posisinya dinggantikan oleh Mammon, salah satu dari ketujuh Arcobaleno. Akan tetapi,Mammon meninggal dalam serangan oleh Millefiore dan posisinya digantikan oleh Flan.

Millefiore[sunting | sunting sumber]

Saingan terbesar keluarga Vongola pada masa sepuluh tahun mendatang. Keluarga ini merupakan gabungan dari dua keluarga Mafia, keluarga Gesso yang dipimpin Byakuran, dan keluarga Giglionero yang dipimpin oleh Yuni. Setelah kedua keluarga ini bergabung, Byakuran menjadi pemimpin utama sementara Yuni menjadi pemimpin kedua. Keluarga Millefiore terdiri dari dua pasukan, White Spell yang sebagian besar terdiri dari anggota-anggota keluarga Gesso dan Black Spell yang sebagian besar terdiri dari anggota-anggota keluarga Giglionero. Millefiore memiliki salah satu dari tiga set cincin Tri-ni-set, yaitu cincin Mare. Dalam Millefiore, terdapat pasukan khusus yang bekerja langsung dibawah Byakuran yang disebut Real Rokuchouka (Real Six Funeral Wreaths), yang beranggotakan Kikyo, Torikabuto, Zakuro, Daisy, Bluebell, dan Ghost. Byakuran, pemimpin Millefiore berambisi untuk mendapatkan seluruh cincin Vongola dan pacifier Arcobaleno untuk menguasai Tri-ni-set dan menguasai seluruh dunia ruang dan waktu dengan kemampuannya yang mampu berkomunikasi dengan dirinya di dunia paralel lainnya. Setelah Byakuran pada masa depan dikalahkan, Byakuran bersama dengan Real Rokuchouka pada masa kini (kecuali Ghost) berpihak pada Vongola, dan menjadi representatif Yuni dalam pertarungan royal representatif Arcobaleno.

Daemon Spade[sunting | sunting sumber]

Mist Guardian Vongola dan satu-satunya orang yang mendominasi posisi Guardian selama dua generasi. Daemon adalah Mist Guardian Vongola pertama, Giotto, yang berkhianat dengan mengatur jebakan pada pemimpin keluarga Shimon pertama yang juga merupakan teman dekat Giotto, Shimon Cozart. Ia juga memaksa Giotto untuk turun dari posisinya sebagai pemimpin Vongola karena dia menilainya tidak lagi pantas menjadi pemimpin Vongola dengan sifatnya yang dalam pandangan Daemon terlalu lembut. Beda dengan Guardian Giotto lainnya, Daemon terobsesi dengan kekuatan dan kekuasaan dan beranggapan bahwa dalam mafia, kekuatan dan kerakusan adalah hal yang absolut. Sebagai Mist Guardian pertama, Daemon merupakan pencipta ilusi yang kuat sekaligus berbahaya dengan kekuatannya yang sudah jauh di atas kekuatan manusia dan bahkan disebut monster. Dalam pertarungan terkahir di pulau Shimon, Tsuna berhasil megalahkan Daemon dan terungkaplah bahwa semua yang dilakukannya tidak lain adalah demi kekasihnya, Elena, yang meninggal dalam penyerangan markas Vongola karena Giotto membubarkan pasukannya. Hal ini memicu niat Daemon untuk menjadikan Vongola organisasi mafia terkuat. Setelah mendengar masa lalunya, Tsuna menenangkan Daemon, bahwa Elena tidak pernah menyalahkannya dan justru berterima kasih karena terus hidup tanpa melupakannya. Mendengar hal ini, Daemon akhirnya menerima Tsuna sebagai pemimpin Vongola dan mempercayakan Vongola di tangannya bersama keluarganya, dan meninggal dengan tenang.