Katedral Tulancingo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Tulancingo
Katedral Santo Yohanes Pembaptis
bahasa Spanyol: Catedral de San Juan Bautista
Katedral Tulancingo
LokasiTulancingo
NegaraMeksiko
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Tulancingo

Katedral Santo Yohanes Pembaptis[1] (bahasa Spanyol: Catedral de San Juan Bautista) disebut juga Katedral Tulancingo[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Tulancingo, Meksiko. Katedral ini merupakan karya arsitektur kolonial Meksiko[3] dibangun dari tahun 1528 oleh Ordo Fransiskan. Kombinasi unsur-unsur yang mengesankan namun sederhana menonjol di pusat bersejarah Tulancingo, di negara bagian Hidalgo, di depan alun-alun utama La Floresta.

Bangunan ini awalnya berukuran lebih kecil, dibangun oleh Fransiskan Katolik yang religius, yang menginjili seluruh zona. Itu direnovasi dan diperluas pada tahun 1788 oleh arsitek José Damián Ortiz de Castro, yang juga berkolaborasi dalam perencanaan dan penyelesaian Katedral Meksiko. Maklum saja modifikasi gaya yang dilakukan arsitek ini, disebabkan Meksiko yang saat itu sedang mengalami peralihan dari barok, ke kesederhanaan Neoklasik.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral St. Yohanes Pembaptis
  2. ^ Gordillo, Angélica Galicia; Vázquez, Sergio Sánchez. Kartografía histórica de Tulancingo, siglos XVI al XIX. ISBN 9789707690561. 
  3. ^ José Damián Ortiz de Castro: maestro walikota de la catedral de México, 1787-1793. ISBN 9786074551006.