Katedral Terni

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Terni
Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Cattedrale di S. Maria Assunta
Katedral Terni
LokasiTerni
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Terni-Narni-Amelia

Katedral Terni (bahasa Italia: Duomo di Terni, Cattedrale di Santa Maria Assunta) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Terni , Umbria, Italia, dan tahta Keuskupan Terni-Narni-Amelia. Gereja ini didedikasikan untuk Maria Diangkat ke Surga.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral yang ada saat ini adalah hasil dari serangkaian panjang pembangunan kembali dan perbaikan selama berabad-abad. Katedral pertama Terni dibangun, menurut tradisi setempat, di atas kuil kafir oleh uskup pertama Terni, Saint Peregrine, pada abad ke-2. Tradisi menyatakan lebih lanjut bahwa Santo Anastasius, uskup Terni dari tahun 606 hingga 653, membangun katedral lain di situs tersebut pada abad ke-7. Pekerjaan perbaikan antara tahun 1932 dan 1937 (sesuai rencana oleh Marcello Piacentini) ditemukan di ruang bawah tanah ini tiga apse dan sisa-sisa jendela mawar di antara dua jendela berjendela, masing-masing dari dua lampu, dari struktur sebelumnya ini. Pada abad ke-9 terjadi rekonstruksi besar-besaran yang mengubah struktur sebelumnya menjadi ruang bawah tanah katedral baru; pembangunan kembali lebih lanjut terjadi pada abad ke-12. Kini hanya sedikit yang tersisa dari katedral Romawi ini, karena pekerjaan modernisasi sesuai dengan gaya masa kini yang dilakukan pada abad ke-16 dan ke-17, yang mencakup peningkatan ketinggian bagian tengah tengah, perbaikan permukaan dari tribun dan campanile, pembangunan baptisan dan kapel samping, dan yang terpenting integrasi gereja dan piazza di mana ia berdiri menurut Baroque desain oleh Gian Lorenzo Bernini pada abad ke-17. Mengenai menara samping, posisinya banyak dibicarakan pada tahun 1500; kesimpulan yang dicapai adalah menempatkannya di sebelah kiri apse, tempat ia dibangun kembali pada tahun 1743.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Bagian depan barat menghadirkan serambi lebar dengan barisan tiang ganda; tiga pintu terbuka dari serambi bergaya Romawi, dihiasi dengan jalur. Bagian depan bagian atas bergaya modern, berisi langkan di travertine dan patung delapan uskup Terni, di antaranya Saint Valentine dari Terni, sesuai rencana oleh Marcello Piacentini.

Bagian dalamnya, pada denah dasar Salib Latin, memiliki bagian tengah di antara dua lorong samping, dipisahkan oleh dermaga, dengan kapel samping (termasuk kapel di tempat pembaptisan dan Sakramen Mahakudus), sebuah transept dan sebuah apse.

Karya seni tersebut antara lain:

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 42°33′37″N 12°38′37″E / 42.56028°N 12.64361°E / 42.56028; 12.64361