Katedral Santa Fe de Antioquia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Santa Fe de Antioquia
Katedral Basilika Metropolitan Dikandung Tanpa Noda
Catedral Basílica de la Inmaculada Concepción de Santa Fe de Antioquia
Katedral Santa Fe de Antioquia
LokasiSanta Fe de Antioquia
NegaraKolombia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Santa Fe de Antioquia

Basilika Katedral Yang Dikandung Tanpa Noda [1] (bahasa Spanyol: Catedral Basílica de la Inmaculada Concepción de Santa Fe de Antioquia) juga disebut Katedral Santa Fe de Antioquia[2][3] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di sisi timur laut alun-alun utama kota dan kota Santa Fe de Antioquia (Antioquia) di negara Kolombia di benua Amerika Selatan.[4]

Katedral ini merupakan gereja utama bagi pusat kedudukan Keuskupan Agung Santa Fe de Antioquia, tempat kedudukan Uskup Agung dan Kapitel Metropolitan.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Dirancang oleh Fray Domingo de Petres, yang juga merancang Katedral Bogota, gaya dapat ditempatkan dalam neoklasik, dengan detail barok yang populer; Ini memiliki menara tunggal berukuran tinggi 47 meter, berbentuk persegi panjang dan interiornya berupa tiga kapal dengan lengkungan setengah lingkaran pada kolom Tuscan. Karya seni bernilai kolonial yang ditempatkan di dalamnya menonjol.

Sektor bersejarah (termasuk katedral) Santa Fe de Antioquia, ibu kota lama departemen Antioquia, dinyatakan sebagai Monumen Nasional Kolombia berdasarkan Undang-undang 163 tanggal 30 Desember 1959.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Basilika Katedral Yang Dikandung Tanpa Noda di Santa Fe de Antioquia
  2. ^ Silsilah Santa Fe de Bogotá. Presencia Editorial. 
  3. ^ Benítez, Otto Morales. Periodismo: ética y paz. Universidad del Valle. ISBN 9789586704786. 
  4. ^ Mendoza, Leonardo Mendoza. Arquitectura di Kolombia: perkiraan sejarah sejarahmu. Facultad de Arquitectura, Departamento de Investigaciones, Universidad La Gran Colombia. ISBN 9789589441107.