Katedral Ripatransone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Ripatransone
Katedral-Basilika Santo Gregorius Agung
bahasa Italia: Basilica Concattedrale di S. Gregorio Magno
Katedral Ripatransone
LokasiRipatransone
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan San Benedetto del Tronto-Ripatransone-Montalto

Katedral Ripatransone (bahasa Italia: Duomo di Ripatransone; Basilica Concattedrale dei Santi Gregorio Magno e Margherita) adalah sebuah gereja katedral Katolik dan basilika minor yang terletak di kota Ripatransone, provinsi Ascoli Piceno, wilayah Marche, Italia. Terletak di Piazza Ascanio Condivi. Katedral ini didedikasikan kepada Santo Gregorius Agung dan Santa Margaret. Dulunya merupakan tahta episkopal Keuskupan Ripatransone tetapi sekarang menjadi katedral bersama di Keuskupan San Benedetto del Tronto-Ripatransone-Montalto.

Sejarah dan dekorasi[sunting | sunting sumber]

Tata letak utama katedral didirikan antara tahun 1597 dan 1623 oleh arsitek Giuseppe Guerra. tiburium segi delapan (koridor melintasi dasar kubah drum) dibuat pada tahun 1786, fasad Neoklasik dibuat pada tahun 1842, sedangkan menara lonceng dibangun dari tahun 1884 hingga 1902. Arsitek yang terakhir adalah F. Vespignani.

Interiornya diberi lukisan dinding pada tahun 1950-an oleh saudara Michelangelo dan Marcantonio Bedini. Spandrels menggambarkan empat penginjil. sedangkan di dalam kubah terdapat empat kebajikan utama. Mereka juga melukis lukisan dinding apse. Mimbar kayu dengan panel yang menggambarkan lima misteri agung diukir oleh D. Bonfini dari Patrignon. Apse mempunyai bilik paduan suara kayu (1620) oleh Agostilio Evangelisti.

Altar utama memiliki dua lukisan, kanvas abad ke-17 yang menggambarkan San Gregorio Magno dan Nativity abad ke-18. Di antara karya-karya lain di gereja tersebut adalah salib kayu polikrom yang diduga disumbangkan oleh Paus Pius V pada tahun 1571 dan dikaitkan dengan Giovanni Battista Casignola. Ada juga altar karya Orazio Gentileschi. Ada tiga kanvas yang menggambarkan Madonna dan Anak, St Peter, St Roch, St Antony dari Padua, dan Yohanes Pembaptis (1579) oleh Simone de Magistris; sebuah Carlo Borromeo (1623) dikaitkan dengan Alessandro Turchi; dan sebuah altarpiece S. Ciannavei di Ascoli Piceno (aktif abad ke-18-19).

Organ musik (1783) dibuat oleh Gaetano Callido dari Venesia. Awalnya dibuat untuk Gereja Magdalena (Chiesa della Maddalena) milik Fransiskan.

Dari katedral seseorang dapat memasuki Tempat Suci Keuskupan Madonna, yang juga dikenal sebagai Tempat Suci San Giovanni (pelindung kota sejak 1893). Tempat suci ini didirikan pada tahun 1846–58 dengan desain G. Carducci dari Fermo, dan di dalamnya terdapat empat patung karya Luigi Fontana. Aedicule, dirancang oleh Francesco Vespignani pada tahun 1881, menampung Simulacro (1620) yang dihormati, sebuah karya S. Sebastiani. Ruang bawah tanah katedral memiliki salib keramik polikrom karya Giuseppe Marinucci.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Comune of Ripatransone, pintu masuk pariwisata.