Katedral Nola

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Nola
Katedral-Basilika Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Basilica Cattedrale di Maria SS. Assunta
Katedral Nola
LokasiNola
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Nola

Katedral Nola (bahasa Italia: Cattedrale di Nola; Duomo di Nola; Cattedrale di Santa Maria Assunta) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Nola , sebuah kotamadya di Napoli di Campania, Italia, yang didedikasikan untuk Maria Diangkat ke Surga. Ini adalah tahta episkopal Keuskupan Nola. Ia diberikan status basilika minor pada bulan Maret 1954.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Mungkin terdapat sebuah gereja paleokristen di situs tersebut, karena sebuah kapel didirikan di sekitar makam Santo Felix dari Nola, seorang uskup martir di wilayah tersebut. Bangunan ini dibangun kembali dengan gaya Gotik pada tahun 1370-an di bawah naungan Pangeran Niccolò Orsini dan ditahbiskan kepada "Perawan Terberkati dan Santo Felix dari Nola dan Paulinus" (Felice Martire e Paolino ). Ruang bawah tanah memiliki jejak bangunan tua. Itu dibangun kembali selama berabad-abad, khususnya pada tahun 1583, dan pada tahun 1861 setelah kebakaran hebat; pada kesempatan terakhir direkonstruksi dengan gaya Neoklasik. Di antara seniman dan arsitek yang terlibat adalah Nicola Breglia, Salvatore Cepparullo dan Paolo Vetri. Itu selesai pada tahun 1909.

Dengan pentahbisan semula, peninggalan Santo Felix dibawa kembali ke katedral. Pada abad ke-9 atau ke-10 mereka telah dipindahkan oleh bangsa Lombard dari sebuah gereja di Cimitile ke Katedral Benevento, dan dari sana pada abad ke-11 ke San Bartolomeo sull'Isola Tiberina di Roma .

Makam di ruang bawah tanah seharusnya memiliki Keajaiban Manna yang terjadi saat zat merembes keluar dari makam orang suci tersebut.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ situs web Meridies Nola, entri di gereja.