Katedral Lyon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Lyon
Katedral Santo Yohanes Pembaptis
Prancis: Cathédrale Primatiale Saint-Jean-Baptiste de Lyon
Katedral Lyon
LokasiLyon
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Lyon

Video jam astronomi katedral

Katedral Lyon (Prancis: Cathédrale Saint-Jean-Baptiste de Lyon) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Alun-alun Saint-Jean di tengah Lyon, Prancis. Katedral ini didedikasikan untuk Santo Yohanes Pembaptis, dan merupakan tempat kedudukan Keuskupan Agung Lyon. Dimulai pada tahun 1180 di reruntuhan gereja abad ke-6, bangunan ini selesai pada tahun 1476. Meskipun konstruksinya lama, gaya arsitekturnya relatif konsisten.[1] Pada tahun 1998, bangunan ini, bersama dengan situs bersejarah lainnya di pusat kota Lyon, dimasukkan ke dalam UNESCO Daftar Warisan Dunia.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral ini didirikan oleh Santo Pothinus dan Saint Irenaeus, dua uskup pertama Lyon. Katedral ini juga dikenal sebagai "Primatiale" karena pada tahun 1079 Paus menganugerahkan kepada uskup agung Lyon gelar Primat Semua Galia dengan supremasi hukum atas uskup agung utama kerajaan. Terletak di jantung kota tua (Vieux Lyon) dan menghadap ke sungai Saône, dengan alun-alun besar di depannya dan metro halte terdekat menyediakan akses mudah ke dan dari pusat kota.[2]

Patiens dari Lyon, yang menjadi uskup sekitar tahun 450 M, membangun sebuah katedral baru, yang didedikasikan untuk Santo Stefanus. Kemudian, pada abad ketujuh, sebuah tempat pembaptisan yang didedikasikan untuk Santo Yohanes dibangun sebagai bangunan tambahan bagi gereja. Gereja St. Croix juga dekat. Lokasi ini kemudian menjadi lokasi Cathédrale Saint-Jean-Baptiste.[3]

Pada tahun 1245, katedral ini menjadi tuan rumah Konsili Lyon I.[4]

Pada tahun 1819 J. M. W. Turner membuat sketsa studi tentang katedral dilihat dari ketinggian Bukit Fourvière.[5] Edgar Degas menggunakan katedral sebagai latar lukisannya "Upacara Penahbisan di Katedral Lyon."

Festival Cahaya[sunting | sunting sumber]

Setiap bulan Desember, Lyon mengadakan Festival Cahaya tahunan. Tradisi ini dimulai pada tahun 1643, ketika pada tanggal 8 Desember masyarakat Lyon meletakkan lilin yang menyala di jendela, sebuah kebiasaan yang masih dipertahankan oleh banyak penduduk hingga saat ini. Selama festival, pertunjukan pencahayaan koreografi muncul di bagian depan katedral.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Panjang bangunan (bagian dalam) 80 meter, lebar bagian paduan suara 20 meter, dan tinggi bagian tengah 32,5 meter. Apse dan paduan suara berdesain Romawi; bagian tengah dan fasadnya adalah Gotik.

Yang patut diperhatikan adalah dua salib di kanan dan kiri altar, yang dilestarikan sejak Konsili Lyon Kedua tahun 1274 sebagai simbol persatuan gereja-gereja, dan kapel Bourbon, yang dibangun oleh Kardinal Charles II, Adipati Bourbon, dan saudaranya Pierre de Bourbon, menantu Louis XI, sebuah mahakarya patung abad ke-15.

Katedral ini juga memiliki Jam Astronomi Lyon dari abad ke-14.

Organ katedral dibangun oleh Daublaine dan Callinet dan dipasang pada tahun 1841 di ujung apse dan memiliki 15 perhentian. Itu dibangun kembali pada tahun 1875 oleh Merklin-Schütze dan diberi 30 stop, tiga keyboard dengan 54 not dan pedal untuk 27 not.

Sampai pembangunan Basilika Notre-Dame de Fourvière, itu adalah gereja terkemuka di Lyon.

Organis terkenal Edouard Commette menjabat sebagai organis tetap selama sebagian besar paruh pertama abad ke-20.

Pemakaman[sunting | sunting sumber]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Situs Bersejarah Lyon". Pusat Warisan Dunia UNESCO. Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa. 
  2. ^ Transportation for the Community of Lyon. "My Journey". 
  3. ^ "Penny Magazine of the Society untuk Difusi Ilmu Bermanfaat”, Vol. 9, G. Knight & Company, 1840, hal. 546
  4. ^ Christopher M. Bellitto, Konsili Umum: Sejarah Dua Puluh Satu Konsili Gereja dari Nicea hingga Vatikan II, (Paulist Press , 2002), 57.
  5. ^ baptiste-lyon-from-the-fourviere-hill-d14072 "Katedral Saint Jean-Baptiste, Lyon, dari Bukit Fourvière", Tate
  • Association Cathédrale de Lyon Primatiale Saint John n.d.