Katedral Lacedonia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Lacedonia
Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Concattedrale di S. Maria Assunta
LokasiLacedonia
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Ariano Irpino-Lacedonia

Katedral Lacedonia (bahasa Italia: Concattedrale di Santa Maria Assunta, Duomo di Lacedonia) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Lacedonia di Campania, Italia. Dulunya merupakan takhta Keuskupan Lacedonia, sejak tahun 1986 telah menjadi kon-katedral di keuskupan Ariano Irpino-Lacedonia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lacedonia telah menjadi pusat keuskupan sejak abad ke-11. Namun gereja yang sekarang dibangun pada akhir abad ke-17, setelah gempa bumi hampir menghancurkan kota tersebut. Pekerjaan tersebut, di bawah arahan Uskup Gian Battista La Morea, dimulai dengan peletakan batu pertama pada tanggal 28 September 1689 dan selesai pada tahun 1709.[1] Bekas katedral telah dibangun dengan tidak nyaman jauh dari kota dan yang baru dibangun di lokasi empat gereja atau kapel tua di tengah kawasan yang dihuni.[2][3] Sebagai catatan prasasti, katedral ini ditahbiskan pada tanggal 19 Oktober 1766 oleh Uskup Nicola D'Amato, yang juga bertanggung jawab atas dekorasi internal bangunan dan peninggiannya menjadi status basilika minor. Awalnya hanya memiliki satu panti umat; kedua lorong samping ditambahkan pada tahun 1860. Bangunan ini rusak akibat gempa bumi pada tahun 1930 dan 1980, dan selalu diperbaiki dengan beberapa modifikasi pada strukturnya.[1]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Bagian depan barat memiliki portal tengah yang bagus dari batu, diapit oleh menara lonceng di travertine, dibangun pada tahun 1751.[2] Bagian dalamnya, dibagi menjadi tiga lorong, melestarikan karya-karya dari abad ke-17 dan abad ke-18. Yang paling penting adalah altar kayu abad ke-16 yang dilukis dengan triptych pengerjaan berkualitas tinggi tetapi atribusinya tidak pasti: pada abad ke-19 dikaitkan dengan Andrea Sabatini dari Salerno atau Francesco da Tolentino, tetapi sejak restorasi terakhir, itu telah dikaitkan dengan Antoniazzo Romano atau anggota sekolahnya. Di bagian tengah triptych terdapat sosok Perawan Maria menggendong Anak Kristus yang sedang memberikan berkat dan memegang walet di tangan kirinya, sedangkan di kedua sisinya terdapat sosok orang suci dan malaikat agung.[4]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Cattedrale". Irpinia.info. 
  2. ^ a b "Komune di Lacedonia: Cattedrale". comune.lacedonia.it. Komune di Lacedonia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 April 2015. 
  3. ^ Salah satunya adalah bekas Chiesa di Sant'Antonio Abate, di lokasi menara lonceng yang sekarang, tempat pada malam hari 10/11 September 1486 "sumpah para baron" disumpah melawan Ferdinand I dari Napoli, Raja Napoli (Irpinia.info)
  4. ^ "Lacedonia (AV) Cattedrale. Pdt. da Tolentino. "Madonna dengan Bambino"". Europeana.eu. Diakses tanggal 1 Agustus 2015.