Katedral Katolik Maronit Buenos Aires

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Katolik Maronit Buenos Aires
Katedral Santo Maron
bahasa Spanyol: Catedral de San Marón
Katedral Katolik Maronit Buenos Aires
LokasiBuenos Aires
NegaraArgentina
DenominasiGereja Katolik Roma
(sui iuris: Gereja Katolik Maronit)
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanEparki Buenos Aires (Maronit)

Katedral Santo Maron [1] (bahasa Spanyol: Catedral de San Marón ) disebut juga Katedral Katolik Maronit Buenos Aires adalah sebuah gereja katedral Katolik dari ritus (Maronit) yang terletak di Jalan 834 Paraguay, di Otonomi Kota Buenos Aires, ibu kota negara Argentina.[2] Katedral ini berbeda dengan katedral metropolitan Ritus Latin Tritunggal Mahakudus, katedral keuskupan militer juga ritus Latin atau Katedral Katolik Armenia Bunda Maria Narek yang semuanya di kota Buenos Aires.

Pada awalnya, pada tahun 1905, katedral ini adalah sebuah kapel di sebelah sekolah. Bangunannya saat ini diresmikan pada tahun 2001. Jemaatnya mengikuti ritus Maronit atau tradisi liturgi Antiokhia dan merupakan pusat dari Eparchy Maronite San Charbel di Buenos Aires,[3] (Eparchia Sancti Sarbelii Bonaërensis Maronitarum) yang didirikan oleh Paus Yohanes Paulus II pada bulan Oktober 1990.

Saat ini kursinya kosong karena tidak memiliki uskup yang bertanggung jawab. Administrator apostoliknya adalah imam Habib Chamieh.[4]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral St. Maron di Buenos Aires
  2. ^ "La catedral de San Marón cumple 10 an". www.aicaold.com.ar. Diakses tanggal 2017-01-25. 
  3. ^ "Eparquía Maronita - Eparquía de San Charbel de Buenos Aires de los Maronitas". Diarsipkan dari versi asli tanggal 05-2013 -13. 
  4. ^ Cheney, David M. "San Charbel en Buenos Aires (Eparki) [Katolik- Hierarki]". www.catholic-hierarchy.org. Diakses tanggal 2017-01-25.