Katedral Bafatá

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Bafatá
Katedral Bunda Rahmat
bahasa Portugis: Sé Catedral de Nossa Senhora da Graça
Katedral Bafatá
LokasiBafatá
NegaraGuinea-Bissau
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Bafatá

Katedral Bunda Rahmat[1] (bahasa Portugis: Sé Catedral de Nossa Senhora da Graça) juga disebut secara singkat sebagai Katedral Batafá,[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Bafatá di wilayah Batafá, negara, Guinea-Bissau. Katedral Bafatá merupakan salah satu dari dua katedral yang ada di negara itu dan katedral lainnya didedikasikan untuk Bunda Lilin yang didirikan di ibu kota, Bissau. Bangunannya lebih dari sekedar katedral lebih mirip gereja paroki bergaya kolonial Portugis.

Gelar Bunda Rahmat (Nossa Senhora da Graça) untuk katedral ini merupakan gelar yang umum di beberapa bekas jajahan Portugis, contohnya Katedral Bunda Rahmat di São Tomé dan Príncipe dan Katedral Bunda Rahmat di Tanjung Verde.

Katedral ini mengikuti ritus Romawi atau Latin dan berfungsi sebagai pusat Keuskupan Bafatá (Dioecesis Bafatanus) yang mencakup lebih dari separuh negara dan didirikan pada tahun 2001 oleh Banteng "Cum ad fovendam" oleh Paus Yohanes Paulus II.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sé Catedral de Nossa Senhora da Graça, Bafatá, Guinea-Bissau". gcatholic.org. Diakses tanggal 2016-05-13. 
  2. ^ Martinuz, Ervino. "Missionários do Paraná são apresentados na Guiné Bissau". www.verbonet.com.br. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-06-11. Diakses tanggal 2016-05- 12.