Katedral Agen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Agen
Katedral Santo Kaprasius
Prancis: Cathédrale Saint-Caprais d'Agen
Katedral Agen
LokasiAgen, Lot-et-Garonne
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiSanto Kaprasius
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Tipe arsitekturRomanesque dan Gotik
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agen

Katedral Agen yang bernama resmi Katedral Santo Kaprasius (Prancis: Cathédrale Saint-Caprais d'Agen) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang berlokasi di Agen, Lot-et-Garonne, Aquitaine, Prancis. Ini didedikasikan untuk Santo Kaprasius. Dibangun pada abad ke-12 sebagai gereja perguruan tinggi dan merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Katedral ini terdaftar sebagai monumen bersejarah pada tahun 1863.[1] Terletak di salah satu dari empat jalan peziarah menuju Santiago de Compostela, Spanyol, status Situs Warisan Dunianya termasuk dalam kategori Rute Santiago de Compostela di Prancis.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Interior bagian tengah dan mimbar gereja
Paduan Suara

Struktur Katedral Agen yang terlihat berasal dari abad ke-12, ketika dibangun sebagai gereja perguruan tinggi dari kanon yang didedikasikan untuk Santo Caprasius dari Agen (Prancis: Saint Caprais ), di atas fondasi basilika yang dijarah oleh Normandia pada tahun 853 tetapi kemudian dipulihkan. Kota ini dijarah lagi pada bulan Desember 1561 selama Perang Agama.

Pada awal Revolusi Perancis pada tahun 1789, gereja tersebut kehilangan fungsi keagamaannya dan malah digunakan sebagai gudang makanan ternak sebelum dibuka kembali pada tahun 1796. Statusnya ditingkatkan menjadi katedral keuskupan Agen pada tahun 1801, menggantikan bekas katedral yang didedikasikan untuk Santo Stefanus (Saint Étienne), yang dihancurkan selama Revolusi.

Katedral ini muncul dalam salah satu foto berwarna paling awal yang pernah diambil oleh Louis Arthur Ducos du Hauron pada tahun 1877.

Pada tahun 1998, monumen di sepanjang rute Situs Warisan Dunia ini termasuk di antara 75 monumen pertama yang ditetapkan, dan tiga monumen menyusul pada tahun berikutnya.[2]

Organ[sunting | sunting sumber]

Organ utama yang dibuat oleh Stoltz ditampilkan dalam Pameran Universal tahun 1855 di Paris,[3] menurut legenda, ditawarkan oleh Permaisuri Eugénie pada tahun 1858 ke katedral Agen yang sampai sekarang tidak memiliki instrumen. Ini adalah instrumen terbesar di departemen Lot-et-Garonne, dengan 45 register tersebar di tiga manual dan pedal-board. Ini adalah monumen bersejarah yang terdaftar secara nasional dan begitu pula organ paduan suara yang dibuat oleh pembuat Magen pada tahun 1885, dengan 15 register, dua manual, dan sebuah papan pedal.[4]

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Seperti banyak gereja di Perancis selatan, denahnya berbentuk salib Latin. Bagian tengahnya berasal dari abad ke-13.

Fitur arsitektur yang menarik termasuk apse Romawi yang diperluas dengan bingkai Gotik di sepanjang satu bagian tengah. Menggantikan menara lonceng kayu tua, menara saat ini dibangun pada tahun 1835 atas perintah Uskup Lévézou de Vezins dan memiliki kekhasan karena terdiri dari tiga gaya Gotik, yang secara aneh disajikan dalam urutan kronologis terbalik, menaik.

Lukisan-lukisan di dinding dan langit-langit mewakili sejarah masuknya agama Kristen ke wilayah tersebut. Sebuah bagian tengah diberikan kepada martir pertama Agen. Lukisan lainnya dibuat berdasarkan seri: Penginjil, Rasul, patriark (Abraham, Nuh ...) dan lukisan agung raja-raja Israel.

Bagian tengah katedral jauh lebih pendek dari yang diperkirakan jika dilihat dari ukuran kansel: ini adalah konsekuensi dari kesulitan politik dan keuangan sebelumnya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Base Mérimée: PA00084035, Ministère français de la Culture. (dalam bahasa Prancis)
  2. ^ UNESCO Daftar lokasi Situs Warisan Dunia di sepanjang empat rute
  3. ^ (dalam bahasa Prancis) Gereja Katolik di Lot-et-Garonne: [ http://catholique-agen.cef.fr/site/im_user/875descriptif_orgue.pdf Organ Agung Katedral Agen] (pdf)
  4. ^ Templat:Base Palissy