Katedral Agde

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Agde
Katedral Santo Stefanus
Prancis: Cathédrale Saint-Étienne d'Agde
Katedral Agde
LokasiAgde
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agde

Katedral Agde yang bernama resmi Katedral Santo Stefanus (Prancis: Cathédrale Saint-Étienne d'Agde) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Agde di Hérault département di selatan Prancis. Katedral ini didedikasikan untuk Santo Stefanus, dan berdiri di tepi sungai Hérault.

Dulunya merupakan tempat kedudukan Uskup Agde, yang terakhir, Charles-François-Siméon de Rouvroy de Saint-Simon de Vermandois de Sandricourt, dipenggal guillotine selama Teror. Takhta Uskup tidak dipulihkan setelah Revolusi Prancis dan paroki-parokinya ditambahkan ke Keuskupan Montpellier melalui Konkordat 1801.

Sejarah dan deskripsi[sunting | sunting sumber]

Dinding katedral

Bangunan yang sekarang ini dibangun pada abad ke-12, dimulai pada tahun 1173 di bawah arahan uskup William II dari Agde, menggantikan gereja Carolingian abad ke-9 yang berdiri di atas fondasi gereja Romawi abad ke-5, yang berdiri di lokasi kuil Diana.

Katedral ini luar biasa karena dibangun dari basal hitam dari tambang vulkanik Mont St. Loup di dekatnya. Bangunan ini sangat kuat dan dirancang untuk berfungsi sebagai benteng sekaligus gereja: temboknya tebalnya antara 2 dan 3 meter, dan menara persegi, setinggi 35 meter, juga dapat berfungsi sebagai penjaga (a menara berbenteng). krenelasi dan machicolation yang sangat menonjol lebih merupakan ciri sebuah benteng daripada sebuah gereja. Kota ini dinyatakan sebagai monument historique pada tahun 1840.[1]

Biara Romanesque yang pernah bersebelahan dengan katedral dihancurkan pada tahun 1857. Banyak material, seperti kolom dan tiang-tiangnya, tidak lama kemudian digunakan kembali untuk pembangunan kapel wanita, yang sekarang digunakan sebagai pintu masuk.

Altar tinggi abad ke-17 terbuat dari marmer polikromatik, yang menonjol dengan latar interior katedral yang sederhana, begitu pula gaya arsitektur Barok organ tersebut.

Dari lima lonceng katedral, empat digantung di menara lonceng, dan dibuat oleh Burdin-Aîné dari Lyon pada tahun 1894 dan 1895. Lonceng kelima berada di atas menara lonceng dan hanya digunakan untuk membunyikan jam. Itu dibuat pada tahun 1665 oleh Damiac Fulcrand di Béziers, dan dinyatakan sebagai monument historique pada tahun 1959.[2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Base Mérimée: Ancienne cathédrale Saint-Etienne, Ministère français de la Culture. (dalam bahasa Prancis)
  2. ^ Templat:Base Palissy