Kasus Aneh Dr Jekyll dan Tuan Hyde

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kasus Aneh Dr Jekyll
dan Tuan Hyde
Jekyll and Hyde Title.jpg
Halaman judul dari edisi pertama London (1886)
Pengarang Robert Louis Stevenson
Negara Britania Raya
Bahasa Inggris
Penerbit Longmans, Green & co.
Tanggal rilis 5 Januari 1886
ISBN N/A

Kasus Aneh Dr Jekyll dan Tuan Hyde atau hanya Dr. Jekyll dan Tuan Hyde (judul aslinya Strange Case of Dr. Jekyll and Mr. Hyde) adalah novel yang ditulis oleh penulis Skotlandia Robert Louis Stevenson yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1886. Pengucapan asli Jekyll adalah "Jikal", pengucapan yang digunakan di Skotlandia, tanah kelahiran Stevenson. Karya ini sekarang umumnya dikenal sebagai Kasus Aneh Dr Jekyll dan Tuan Hyde atau hanya Dr Jekyll dan Tuan Hyde.[1] Kisah novel ini adalah tentang seorang pengacara London bernama Gabriel John Utterson yang menyelidiki kejadian aneh antara teman lamanya, Dr Henry Jekyll dan seorang pembenci orang bernama Edward Hyde.

Karya ini secara umum terkait dengan kondisi mental langka yang sering secara umum disebut "kepribadian ganda", dimana dalam orang yang sama setidaknya ada dua kepribadian yang berbeda. Dalam kasus ini, dua kepribadian berbeda muncul dalam diri Dr Jekyll yang tampaknya baik dan jahat, dengan tingkat moralitas yang benar-benar bertolakbelakang. Dampak novel ini begitu kuat sedemikian hingga telah menjadi bagian dari bahasa psikologi, dengan frasa "Jekyll dan Hyde", yang berarti seseorang yang sangat berbeda dalam karakter moral dari satu situasi ke yang berikutnya.

Kasus Aneh Dr Jekyll dan Tuan Hyde menjadi sebuah kesuksesan dan merupakan salah satu karya terlaris Stevenson. Tahap adaptasi dimulai di Boston, Amerika Serikat dan London. Karya ini juga telah mengilhami puluhan film dan pertunjukan panggung.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stevenson menerbitkan buku ini dengan judul Strange Case of Dr Jekyll and Mr Hyde (tanpa "The") karena alasan yang tidak diketahui, seharusnya untuk meningkatkan "keanehan" dari kasus (Richard Duty (2005)). Kemudian penerbit menambahkan "The" untuk membuat tata bahasa yang benar, tapi itu bukan maksud asli penulis. Cerita ini sering dikenal saat ini hanya sebagai Dr. Jekyll dan Tuan Hyde atau bahkan Jekyll dan Hyde.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris) Borinskikh L.I. (1990c). ‘The method to reveal a character in the works of R.L.Stevenson [The Strange Case of Dr Jekyll and Mr Hyde]’/. In *** (ed.) The Problem of character in literature. Tchelyabinsk: Tchelyabinsk State University. Pp. 31–32. [dalam Bahasa Rusia, Jerman dan Hindi].
  • (Inggris) Richard Dury, ed. (2005). The Annotated Dr Jekyll and Mr Hyde. ISBN 88-7544-030-1, lebih dari 80 halaman materi perkenalan, catatan anotasi yang mendalam, 40 halaman karya derivatif dan bibliografi mendalam.
  • (Inggris) Paul M. Gahlinger, M.D., Ph.D. (2001). Illegal Drugs: A Complete Guide to their History, Chemistry, Use, and Abuse. Sagebrush Medical Guide. Pg 41. ISBN 0-9703130-1-2.
  • (Inggris) Kathrine Linehan, ed. (2003). Strange Case of Dr Jekyll and Mr Hyde. Norton Critical Edition, berisi anotasi mendalam, esai kontekstual dan kritik. ISBN 0-393-97465-0
  • (Inggris) Warlock adalan prototip Dr Jekyll BBC News

Pranala luar[sunting | sunting sumber]