Kastanya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kastanye)
Langsung ke: navigasi, cari
?Kastanya
Castanea sativa
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Fagales
Famili: Fagaceae
Genus: Castanea
Spesies

Castanea alnifolia
Castanea crenata
Castanea dentata
Castanea henryi
Castanea mollissima
Castanea ozarkensis
Castanea pumila
Castanea sativa
Castanea seguinii
* sinonim dengan Castanea pumila menurut sebagian ahli botani


Kastanya (Castanea) adalah nama genus untuk delapan atau sembilan spesies pohon atau atau perdu peluruh dari familia Fagaceae asal wilayah iklim sedang di bumi belahan utara. Nama ini juga digunakan untuk biji yang bisa dimakan dari cupak (buah) berduri-duri tajam yang dihasilkan pohon ini.[1][2][3] Dalam bahasa Inggris tumbuhan ini disebut chestnut. Tumbuhan ini dalam bahasa Indonesia juga disebut kastanye (dari bahasa Belanda: kastanje).

Spesies[sunting | sunting sumber]

Seperti halnya pohon ek dan berangan, kastanya termasuk familia Fagaceae. Ada empat spesies utama kastanya: Castanea sativa (kastanya eropa), Castanea mollissima (kastanya cina), Castanea crenata (kastanya jepang), dan Castanea dentata (kastanya amerika).[4].

  • Castanea sativa adalah satu-satunya spesies kastanya dari Eropa.
  • Spesies kastanya asal Asia terdiri dari: Castanea crenata (kastanya jepang), Castanea mollissima (kastanya cina), Castanea davidii (Cina), Castanea henryi (Cina), dan Castanea seguinii (Cina).
  • Spesies kastanya asal Amerika terdiri dari Castanea dentata (kastanya amerika, negara-negara bagian di Amerika Serikat Utara), Castanea pumila ("kastanya kerdil", negara-negara bagian di Amerika Serikat Utara) Castanea alnifolia (negara-negara bagian di Amerika Serikat Selatan), Castanea ashei (negara-negara bagian di Amerika Serikat Selatan), Castanea floridana (negara-negara bagian di Amerika Serikat Selatan), dan Castanea paupispina (negara-negara bagian di Amerika Serikat Selatan).[5][6]

Pemerian[sunting | sunting sumber]

Tinggi tanaman ini antara 20 m hingga 40 m, biasanya ditanam di Eropa, Asia Timur dan Asia Barat Daya, serta Amerika Utara. Kulit luarnya keras dengan warna cokelat tua. Orang banyak menggunakan chestnut untuk campuran cake dan pastry. Sup dan saus salad juga menjadi lebih creamy jika ditambahkan kacang ini. Chestnut kaya akan kandungan lemak tak jenuh dan sumber protein nabati yang baik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Chestnut Definition

  1. ^ Castanea – Flora of China.
  2. ^ Castanea – Flora of North America.
  3. ^ Castanea – Flora Europaea.
  4. ^ Industry information by David McLaren. Dari The Chestnut Growers Information Book, Chestnut Australia Inc.
  5. ^ The Grocer's Encyclopedia - Encyclopedia of Foods and Beverages. By Artemas Ward. New York. 1911.
  6. ^ Postharvest Physiology and Pathology of Chestnuts. Dalam Postharvest Handling and Storage of Chestnuts. Fabio Mencarelli. Food and Agriculture Organisation United Nations. November 2001.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]