Karmila Warouw

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Karmila Warouw (lahir 05 Juli 1974) adalah seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia.

Karmila lahir 5 Juli 1974 di Palu, Sulawesi Tengah. Ia merupakan anak bungsu dari pasangan M. Pusadan (alm) yang asal Palu dan Deice Warouw (alm) yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Karier menyanyinya diawali dari bar ke bar dan pub ke pub di kota Manado, sehingga namanya akrab di telinga pengunjung tempat hiburan malam.

Pada tahun 1990, ia tampil di ajang festival Pop Singer Remaja se-Jakarta, festival Karaoke Matahari, dan festival Karaoke Restoran Torigin. Selain tampil dalam festival Karaoke Taipan pada tahun 1991.

Pada tahun 1992, ia tampil dalam ajang festival Penyanyi Yunior Internasional Asia Bagus periode pertama, festival lagu-lagu pariwisata, dan tampil bersama Krisdayanti dalam Grandfinal lomba Cipta Pesona Bintang RCTI. Ia juga tampil di festival Pop Singer Pariwisata se-Jakarta, festival Pop Singer Peonner se-Asia, festival Asia Bagus di Singapura bersama Krisdayanti dan Dewi Gita, festival Song of Asia di Vietnam.

Ia berkeliling Eropa dalam paket Istidarysophia menjelang hari kemerdekaan Indonesia yang ke-50. Di Sydney (Australia, ia tampil dalam acara Gala Night dan tampil dalam acara jalinan nada di Brunei Darussalam. Ini hasil kerjasama televisi Brunei RTB dan TVRI.

Beberapa album yang sudah dirilisnya, seperti; Selamat Pagi Cinta (Samy Paitam dan Fariz RM, Hapuslah Prasangka, Kuingin Ada yang Mau (Ryan Kyoto, dan Biasanya (Rudi Loho). Ia juga merilis album daerah Sulawesi Utara dengan judul Jalan Ba Pisah dan album religius Kristen yang berjudul Iman. Juga ada beberapa judul album yang lain. Biografi singkatnya antara lain dapat dibaca dalam buku berjudul Makna Sebuah Kehidupan.

Pemilu 2024[sunting | sunting sumber]

Setelah menggeluti seni tarik suara dan berkecimpung dalam organisasi, dia terjun ke dunia politik. Ia bergabung dengan Partai Gerindra. Dalam catatan daftar pemilih sementara di sistem online JPU, dia mendapatkan nomor urut 6 dari partai yang mencalonkannya. Ia mencalonkan diri dari dapil Sulawesi Tengah.

Referensi[sunting | sunting sumber]