Karen Carlotta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Karen Carlotta
LahirKaren Carlotta
01 Agustus 1982 (umur 41)
Indonesia Jakarta, Indonesia
PendidikanJurusan Pastry dan Baking di Singapore Hotel and Tourism Education Center (SHATEC)
Suami/istri
Adhika Maxi
(m. 2011)
Anak
  • Kai Caleb Oey
  • Kane Ciro Oey
  • Kyo Carlo Oey
  • Kaia Carlotta Oey
Karier kuliner
Gaya masakPastry dan Baking
Restoran saat ini
    • UNION
    • AMKC
    • AMKC Atelier

Karen Carlotta (lahir 1 Agustus 1982) atau disebut juga Chef KC adalah chef berasal dari Indonesia. Dikenal atas kepiawaiannya dalam memasak bidang pastry dan merupakan lulusan dari jurusan Pastry dan Baking di Singapore Hotel and Tourism Education Center (SHATEC). Karyanya Red Velvet berhasil membesarkan nama UNION.[1][2]

Karier[sunting | sunting sumber]

Awalnya Chef Karen sangat suka dalam menciptakan kue. Bukan hanya sekedar membuatnya saja, melainkan juga menjual ke kerabat dekatnya. Dari sini ia mulai tertarik menjadi seorang juru koki atau chef. Namun, pada ketika menentukan jurusan kuliah, ia menjatuhkan pilihannya di studi ekonomi. Apalagi di masa –masa nya dulu seorang juru masak tidak bergensi menyerupai kini ini.

Lulus dari Perkuliahan sebagai sarjana ekonomi mengantarkannya sukses dalam profesi sebagai pegawai bank. Namun, lambat laun ia menyadari tak mempunyai ketertarikan di bidang tersebut, oleh alasannya yakni itu Karen tetapkan untuk keluar dari bank alasannya yakni ia juga merasa tertekan dengan pekerjaan nya tersebut. Maka pada tahun 2005, orang tua dari Karen Carlotta mempersilahkan ia menentukan profesi yang ia senangi.

Keyakinan nya pun mantap untuk menentukan apa yang ia harapkan sebelumnya, ia menentukan untuk kuliah kembali dan mengambil jurusan Pastry dan Baking di Singapore Hotel and Tourism Education Center (SHATEC). Selama kuliah, Karen sempat magang di Swissotel the Stamford. Ia menangani pastry dan bakery di 17 outlet dalam hotel tersebut pagi dan malam. Jadi lulusan terbaik (lulus cum laude) dan punya pengalaman magang di hotel terkenal, membuat Karen tak kesulitan mencari pekerjaan. Lalu selepas kuliah KC bekerja sebagai Pastry Chef di Laurent Bernard Chocolatier, sebuah toko kecil yang kondang di Singapura. Di toko itu KC berguru pada Laurent Bernard, seorang artisan chocolatier asal Prancis. KC kemudian mendapat pekerjaan di One Rochester, sebuah restoran fine dining. Di restoran inilah KC mulai menarik perhatian media hingga profilnya pernah ditulis di The Straits Times.

Ia sempat mengikuti beberapa kompetensi bergensi menyerupai Cake Competition Food Hotel Asia pada tahun 2006 dan mendapat medali perak. Di tambah lagi prestasinya di Negara Internasional yang sangat memukau, di Swiss ia ditunjuk untuk mengikuti kompetisi Californian Raisins Competition dan mendapat posisi juara 2.

Kemudian pada 2009, karena suatu alasan personal KC memutuskan untuk kembali ke Jakarta. Pada saat itu, kerabat ayah KC memperkenalkan dia pada jebolan French Culinary Institute di New York, Adhika Maxi. Mereka berhasil membesarkan UNION, restoran yang kini jadi brand ternama lewat kue red velvet karya pertama KC. Duet tersebut membuat Karen akhirnya menikah dengan Max. Bisnis mereka pun kian sukses. UNION sudah go-public, dan mereka juga mendirikan Adhika Maxi Karen Carlotta (AMKC), layanan private dining kelas atas. Salah satunya pernah menangani acara fine dining Barack Obama.

Setelah sukses mendirikan UNION dan AMKC, KC dan suaminya juga mendirikan AMKC Atelier pada 2016. AMKC Atelier merupakan sebuah restoran trendi di Plaza Indonesia yang menyediakan menu pastry unik seperti es teler cake. Selain es teler cake, KC juga telah menggubah pisang ijo cake dan martabak cake. Dengan menggunakan teknik pastry tingkat tinggi, KC berhasil menerjemahkan cita rasa kudapan lokal ke dalam selera kue internasional.

Kini Karen Carlotta masuk dalam formasi juru masak terkenal di Indonesia bersama sejajar chef selebrity lainnya menyerupai Rinrin Marinka, Farah Quinn, Aiko Sarwosri, Vindy lee, Arnold, Juna dan masih banyak lagi.[3][4][5]

Acara TV[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Saluran
2019 MasterChef Indonesia (musim 5) Juri Tamu (pastry challenge) RCTI
2020 MasterChef Indonesia (musim 6)
Indonesia Morning Show (segmen Kuliner) Pengisi Acara NET.

Iklan[sunting | sunting sumber]

  • Tepung goreng pisang sasa
  • Greenfields
  • Royco
  • Klop

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sukma, Defrina. "11 Pesona Karen Carlotta, Chef Hits yang Jago Bikin Cake". POPBELA.com. Diakses tanggal 2020-10-13. 
  2. ^ Times, I. D. N.; Sukma, Defrina. "12 Pesona Karen Carlotta, Chef Hits yang Jago Bikin Cake". IDN Times. Diakses tanggal 2020-10-13. 
  3. ^ Advertorial. "Belajar Teknik Pastry di Singapura, Ini Hasil Kreasi Karen Carlotta". detikcom. Diakses tanggal 2020-10-16. 
  4. ^ Andriani, Mona. "Profil Karen Carlotta, Chef Tamu di Masterchef Indonesia Hari Ini, Sabtu (15/2) di RCTI". Tribunnews.com. Diakses tanggal 2020-10-16. 
  5. ^ "Profil Dan Biodata Chef Karen Carlotta Lengkap Akun Media Sosial". Resep Masakan Indonesia. Diakses tanggal 2020-10-16.