Karangtengah, Maleber, Kuningan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Karangtengah
—  Desa  —
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Kuningan
Kecamatan Maleber
Luas -
Jumlah penduduk 1.475
Kepadatan -

Karangtengah adalah desa di kecamatan Maleber, Kuningan, Jawa Barat, Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Menurut asal usul kata (etimologi) nama Karangtengah berasal dari dua kata yaitu karang dan tengah, karang berarti halaman depan rumah dan tengah berarti pusat. Desa Karangtengah merupakan Desa pamekaran dengan Desa Dukuh tengah, sebelum terjadi pamekaran/rendon Desa Karangtengah dan Desa Dukuhtengah merupakan satu kesatuan Pemerintahan Desa yaitu Desa Cirabak yang berdiri pada tahun 1908. Pusat Pemerintahan Desa Cirabak terletak di Desa Karangtengah sekarang dan Desa Dukuhtengah merupakan pedukuhan atau kampung. Pemerintahan Desa Cirabak dipimpin oleh seorang Kuwu. Kuwu ke-1 SUTA WIJAYA (1908-1914), Kuwu Ke-2 SINGA WIJAYA (1914-1919), Kuwu Ke-3 WANGSA PANGI/KUWU BUHUL (1919-1927), Kuwu Ke-4 SURA PERWATA/KUWU KISMAN (1927-1932), Kuwu Ke-5 RAKSA PERNATA/KUWU PENDEK (1932-1940). Pada masa kepemimpinan Kuwu Raksa Pernata/Kuwu Pendek Desa Cirabak terjadi pemekaran/rendon menjadi dua Pemerintahan Desa yaitu Desa Karangtengah dan Desa Dukuhtengah.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Desa Karangtengah terdiri dari 3 Dusun/RW yaitu Dusun Manis RW 01, Dusun Wage RW 02, Dusun Kaliwon RW 03. dan 11 Rukun Tetangga dan terbagi atas beberapa blok areal/persil diataranya yaitu : Blok Desa, Blok Jati, Blok Jati Ragas, Blok Tonggoh, Blok Legok, Blok Asem, Blok Bungur, Blok Cijulang, Blok Palatar, Blok Ciputat, Blok Hawara, Blok Padamangan, Blok Parinci, Blok Buah, Blok Pabuaran, Blok Awiluar.

Batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

Batas wilayah desa Karangtengah

  1. Di sebelah utara berbatasan dengan desa Dukuhtengah dan Maleber
  2. Di sebelah selatan berbatasan dengan desa Mekarsar
  3. Di sebelah barat berbatasan dengan desa Maleber
  4. Di sebelah timur berbatasan dengan desa Dukuh tengah

Geografis[sunting | sunting sumber]

Keadaan iklim desa Karangtengah dipengaruhi oleh iklim tropis dan angin muson, dengan temperatur bulanan berkisar antara 18° C - 32° C serta curah hujan berkisar antara 2.000 mm - 2.500 mm per tahun. Pergantian musim terjadi antara bulan November - Mei adalah musim hujan dan antara bulan Juni - Oktober adalah musim kemarau.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar penduduk Karangtengah berprofesi sebagai petani, sisanya adalah PNS, pegawai swasta, buruh tani, buruh bangunan dan pedagang. Perekonomian Maleber banyak di sumbang oleh penduduknya yang merantau di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan kota besar lainnya.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Penduduk desa Karangtengah berjumlah 1.475 orang, terdiri dari:

  • 677 orang laki-laki
  • 798 orang perempuan

Akses Transportasi[sunting | sunting sumber]

Untuk mencapai desa Karangtengah dari pusat kota Kuningan tidaklah sulit. Jaraknya dari kota Kuningan kurang lebih 12 km, di hubungkan dengan angkutan desa

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]