Kapal penjelajah tempur kelas Lexington

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kapal penjelajah tempur kelas Lexington merupakan satu-satunya kelas kapal penjelajah tempur yang resmi dipesan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat. Keenam kapal dalam pesanan ini ditujukan untuk menghadapi kapal penjelajah tempur kelas Kongō milik Angkatan Laut Kekaisaran Jepang. Kelas Lexington masuk dalam Naval Act of 1916 (UUD), namun kasusnya sama dengan kapal tempur kelas South Dakota yaitu penundaan konstruksi demi pembuatan kapal pengawal yaitu armada anti-kapal selam.

Selama penundaan ini kelas Lexington berkali-kali berubah desain untuk mencapai desain yang sempurna. Awalnya desainnya seperti sepuluh meriam utama 14", delapan belas meriam sekunder 5", dan kecepatan maksimum 35 knot. Tetapi sebelum disepakati, proposal tersebut malah dibatalkan dan dirancang ulang menjadi delapan meriam utama 16", enam belas meriam sekunder 6" dan kecepatan maksimum 33,25 knot.

Akhirnya kelas ini dibatalkan setelah ada Traktat Angkatan Laut Washington dan dua kapal yang sudah hampir jadi lantas dikonversi ke kapal induk yaitu USS Lexington dan USS Saratoga.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]