Kanvas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Splined Canvas.jpg

Kanvas adalah kain yang berlapis cat campur lem, merupakan kain kanvas terbuat dari yang kain tipis sampai kain tebal dan kuat. Bahan ini dipergunakan untuk membuat layar dan terutama dasar lukisan.

Seorang seniman sebelum melukis membentang kain kanvas di atas kayu bentang (spanram). Biasanya kanvas ini dibuat dengan menggunakan campuran bahan-bahan seperti cat tembok, lem, dan cat lapisan tipis berbahan dasar minyak untuk lapisan terakhir, kanvas ini khusus untuk cat minyak. untuk cat acrylic atau cat berbahan dasar air tidak perlu dilapisi cat minyak.

Untuk membuat kanvas sendiri ada beberapa bahan yang perlu kita siapkan, yaitu rangka kanvas atau spanram terbuat dari kayu, kain blacu atau kain katon, lem kayu (gom arabic, ancur) bisa juga lem putih yang biasa dipakai plamir tembok, cat tembok (pilih yang kadar acryliknya tinggi), zink white (Zn), dan cat kayu warna putih beserta pelarutnnya (cat pengencer minyak).

Cara membuat Kanvas :

  1. Bentangkan kain blacu (katun) di atas bingkai kayu yang sudah disiapkan dengan kekencangan yang cukup.
  2. Buat campuran yang terdiri cat tembok putih, lem kayu dan zeng white (Zn).(perbandingan 2:1:1) (
  3. Olesi kain blacu yang sudah dibentangkan dengan campuran di atas, gunakan kuas atau scraft.
  4. Setelah kering catlah kanvas tadi dengan cat berbasis minyak seperti cat kayu/besi dengan tujuan mencegah terjadinya lukisan tembus ke belakang kanvas. Proses pengecatan ini bisa dilakukan dengan cat putih dengan kadar yang agak encer, keringkan dan kanvas siap dipakai.