Kantor Pusat untuk Emigrasi Yahudi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kantor Pusat untuk Emigrasi Yahudi di Praha

Kantor Pusat untuk Emigrasi Yahudi (Jerman: Zentralstelle für jüdische Auswanderung) adalah sebutan untuk institusi Nazi di Wina, Praha dan Amsterdam. Kantor pusat mereka, Kantor Pusat Reich untuk Emigrasi Yahudi (Reichszentrale für jüdische Auswanderung [de]), berlokasi di Berlin. Tujuan mereka adalah untuk mengusir orang-orang Yahudi dari daerah-daerah yang dikuasai Nazi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kantor di Wina didirikan pada Agustus 1938 [1][2] oleh Adolf Eichmann. Kantor ini didirikan sebagai solusi untuk mengatasi masalah birokrasi yang dihadapi orang-orang Yahudi di Austria yang mencoba meninggalkan negara itu.[3] Eichmann, ingin mempercepat laju di mana orang-orang Yahudi meninggalkan wilayah-wilayah yang dikuasai Nazi.

Setiap organisasi, baik publik maupun swasta, yang terkait dengan emigrasi wajib memiliki perwakilan di Kantor Pusat.[4] Kantor Pusat ini merupakan bagian dari Sicherheitsdienst di Berlin.

Kantor Pusat ini membayar emigrasi orang-orang Yahudi dengan mengambil uang dari orang-orang Yahudi yang lebih kaya dan menggunakannya untuk mengusir Yahudi lainnya.[5]

Setelah cabang Wina, Eichmann membuka cabang lain di Praha. Akhirnya, Eichmann mendirikan Kantor Pusat sehingga semua pengaturan emigrasi dapat dilakukan di satu lokasi. Pada tanggal 24 Januari 1939, Kantor Pusat Reich untuk Emigrasi Yahudi ( Reichszentrale für jüdische Auswanderung ) didirikan di Berlin oleh Hermann Göring [6] dengan Reinhard Heydrich sebagai kepala.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Creation of the 'Central Office for Jewish Emigration' (August 1938)" (dalam bahasa Jerman). Diakses tanggal 4 September 2021. 
  2. ^ "Testimony of Wilhelm Hoettl at the trial of Adolf Eichmann". Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 February 2010. Diakses tanggal 23 February 2010. 
  3. ^ "Establishment of the Central Office For Jewish Emigration in Vienna", published 20 August 1938, Introduction. Found at https://www.jewishvirtuallibrary.org/jsource/Holocaust/imoffice.html. Retrieved 23 February 2010.
  4. ^ "Testimony of Wilhelm Hoettl at the trial of Adolf Eichmann". Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 February 2010. Diakses tanggal 23 February 2010. 
  5. ^ Judgment in the Trial of Adolf Eichmann, part 8. Retrieved 23 February 2010 from "Trial of Adolf Eichmann in Jerusalem: Judgment Part 8". Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 February 2010. Diakses tanggal 2010-02-24. 
  6. ^ Hilberg, Raul (1985). The Destruction of the European Jews. New York: Holmes & Meier. hlm. 160. ISBN 0-8419-0910-5.