Kantong Demyansk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kantong Demyansk (bahasa Jerman: Festung Demjansk atau Kessel von Demjansk; bahasa Rusia: Демьянский котёл) adalah nama pengepungan tentara Jerman oleh Tentara Merah di dekat Demyansk pada Perang Dunia II, yang berlangsung dari 8 Februari hingga 21 April 1942.

Pada 8 Februari pasukan Soviet mengelilingi Korps AD Jerman II. Terjebak di kantung adalah divisi infantri ke-12, ke-30, ke-32, ke-123 dan ke-290, dan juga SS-Division Totenkopf. Dan ada juga RAD, polisi, Organisasi Todt, dan unit tambahan lainnya yang terjebak dan membantu dalam pertempuran. Komandan mereka adalah General der Infanterie Walter Graf von Brockdorff-Ahlefeldt. Diperintahkan untuk bertahan, barisan ini diberi bantuan secara ekstensif dan cukup oleh Luftwaffe (AU Jerman). Selama pengurungan ini grup tersebut memberikan pertahanan yang kuat dan sangat gigih, menjaga keseimbangan dengan tiga pasukan Soviet yang terdiri dari 18 divisi infantri dan tiga brigade selama 14 bulan. Grup bertahan berhasil menembus pengurungan pada 21 April, namun peperangan telah memakan banyak korban. Dari sekitar 100.000 orang yang terkurung di sana 3.335 hilang dan lebih dari 10.000 terluka.


Meskipun pasukan Jerman tidak lagi terperangkap, peperangan tetap berlanjut sampai Oktober 1942. Untuk kehebatannya dalam memimpin pertempuran sengit dari pasukan elitnya, komandan Totenkopf Theodor Eicke diberikan penghargaan Ritterkreuz des Eisernen Kreuzes mit Eichenlaub (Inggris: Oak Leaves to the Knights Cross atau dalam bahasa Indonesia: "Salib ksatria dengan daun pohon ek") (ke-88) pada 20 Mei 1942.