Kanal Leeds dan Liverpool

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah pabrik Ainscoughs di Burscough

Kanal Leeds dan Liverpool (bahasa Inggris: Leeds and Liverpool Canal ) adalah sebuah kanal di Inggris bagian utara, menghubungkan kota-kota Leeds dan Liverpool. Kanal ini memiliki panjang lebih dari 127 mil (204 km), melintasi Pennines dan termasuk 91 pintu air di jalur utama. Kanal ini memiliki beberapa cabang kecil, dan pada awal abad ke-21 link baru dibangun ke dalam sistem dermaga Liverpool.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada pertengahan abad ke-18 kota-kota yang berkembang di daerah Yorkshire termasuk Leeds, Wakefield dan Bradford, semakin meningkatkan volume perdagangan. Sementara jalur perdagangan Leeds ke timur ditopang oleh Navigasi Aire dan Calder, jalur ke barat begitu terbatas dan pedagang dari Bradford ingin meningkatkan pasokan batu gamping dari tambang batubara mereka, selain keinginan ekspor tekstil melalui pelabuhan Liverpool. Di pantai barat, pedagang di pelabuhan Liverpool yang sibuk menginginkan pasokan batubara murah untuk pengiriman komoditas dan industri manufaktur demi menekan hasil yang maksimal di daerah industri Lancashire. Terinspirasi oleh efektivitas navigasi buatan, Kanal Bridgewater dibuka pada 1759-1760. Sebuah kanal yang memotong Pennines dan menghubungkan Liverpool dan Hull (dengan menggunakan Navigasi Aire dan Calder) akan memiliki manfaat perdagangan jelas.

Rapat masyarakat yang diselenggarakan di Sun Inn Bradford pada 2 Juli 1766 memutuskan untuk percepatan pembuatan kanal yang seperti itu.[1] Setelah masa pembangunan selama 40 tahun, Kanal Leeds dan Liverpool selesai pada tahun 1816.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Clarke, Mike (1994). The Leeds & Liverpool Canal. Carnegie Publishing. ISBN 1-85936-013-0. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 53°47′N 1°31′W / 53.783°N 1.517°W / 53.783; -1.517