Kambangan australia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kambangan Cokelat)
Langsung ke: navigasi, cari
?Kambangan australia
Betina
Betina
Pejantan
Pejantan
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Anseriformes
Famili: Anatidae
Upafamili: Aythyinae
Genus: Aythya
Spesies: A. australis
Nama binomial
Aythya australis
(Eyton, 1838)
Subspecies
  • A. a. extima
  • A. a. australis
Sinonim

Nyroca australis Eyton, 1838

Kambangan australia (Aythya australis) atau itik mata-putih, atau kambangan cokelat adalah jenis bebek yang pandai menyelam. Dengan cara menundukkan kepalanya ke dalam air, bebek ini kemudian menyelam dengan dorongan kaki berselaput yang kuat. Kambangan coklat mampu menyelam hingga cukup dalam dan bisa bertahan di bawah air hingga semenit lamanya. Bebek ini memakan beragam makhluk air.

Kambangan australia lebih menyukai danau, rawa, dan sungai besar dengan air yang dalam dan tenang. Namun mereka juga dapat ditemukan di anak sungai kecil, padang rumput yang tergenang, dan kolam dangkal. Lazimnya mereka menghindari perairan pantai. Bebek ini jarang terlihat di daratan dan tak pernah terlihat berada di dahan pohon.

Untuk ukuran bebek, kambangan australia tergolong kecil. Baik jantan maupun betina biasanya memiliki warna coklat, bagian samping dan bawahnya kemerahan (sering tak terlihat jika sedang berada di air). Bagian mata pada bebek jantan berwarna putih (sehingga jenis bebek ini dikenal dengan nama "Itik mata putih), sementara pada betinanya berwarna coklat.

Persebaran[sunting | sunting sumber]

Kambangan australia tersebar di Australia dan Pulau Papua,[2] terkadang berkunjung dan berbiak di kawasan Wallacea, Jawa, Melanesia, dan Selandia Baru.[3]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Aythya australis". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2013.2. International Union for Conservation of Nature. Diakses 26 November 2013. 
  2. ^ "Kambangan Australia (Itik Mata-putih)". Kutilang Indonesia. Diakses 6 April 2014. 
  3. ^ Coates, Brian and Bishop, K (2000). Panduan Lapangan Burung-Burung di Kawasan Wallacea. Brisbane, Australia: BirdLife International-Indonesia Programme & Dove Publications Pty. ISBN 979-95794-2-2. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]