Kaki-rumbai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kaki-rumbai
Phalaropus

Female red-necked phalarope (Phalaropus lobatus) in breeding plumage
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliScolopacidae
GenusPhalaropus
Brisson, 1760
Tata nama
Sinonim taksonSteganopus
Species
Phalaropus fulicarius

Phalaropus lobatus

Phalaropus tricolor

Kaki-rumbai adalah sebutan tiga spesies burung pantai berleher ramping yang masih hidup dalam genus Phalaropus dari keluarga burung Scolopacidae . Dua spesies, kaki-rumbai merah ( P. fulicarius ) dan kaki-rumbai kecil ( P. lobatus ) berkembang biak di sekitar Lingkaran Arktik dan musim dingin di lautan tropis. Kaki-rumbai Amerika ( P. tricolor ) berkembang biak di Amerika Utara bagian barat dan bermigrasi ke Amerika Selatan. Semuanya berusia 15–25 cm (6–10 in) panjangnya, dengan jari-jari kaki melengkung dan paruh lurus dan ramping. Sebagian besar berwarna abu-abu dan putih di musim dingin, bulu mereka menimbulkan tanda kemerahan di musim panas.

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Genus Phalaropus diperkenalkan oleh ahli zoologi Perancis Mathurin Jacques Brisson pada tahun 1760 dengan phalarope merah ( Phalaropus fulicarius ) sebagai spesies tipenya .[1] [2] Nama Inggris dan genus berasal dari bahasa Prancis phalarope dan bahasa Latin ilmiah Phalaropus dari bahasa Yunani Kuno phalaris, "rumbai", dan pous, "kaki". Coots dan phalaropes keduanya memiliki jari kaki yang melengkung. [3] [4]

Genus ini mengandungi tiga spesies: [5]


Ekologi dan perilaku[sunting | sunting sumber]

Kaki-rumbai kecil dan merah merupakan spesies yang tidak biasa di antara burung pantai karena mereka dianggap pelagis, yaitu mereka menghabiskan sebagian besar hidupnya di luar musim kawin dan jauh di laut. Kaki-rumbai sangat halofilik (mencintai garam) dan makan dalam jumlah besar di danau garam seperti Danau Mono di California dan Great Salt Lake di Utah .

Makanan[sunting | sunting sumber]

Saat makan, kaki-rumbai sering berenang dalam lingkaran kecil dan cepat, membentuk pusaran air kecil. Perilaku ini diduga membantu proses makan dengan cara mengangkat makanan dari dasar perairan dangkal. Burung itu kemudian mencapai pusat pusaran dengan paruhnya, mencabut serangga kecil atau krustasea yang terperangkap di dalamnya. Kaki-rumbai menggunakan tegangan permukaan air untuk menangkap partikel makanan dan mendorongnya ke atas sepanjang paruh dan masuk ke dalam mulutnya.

Dimorfisme seksual dan reproduksi[sunting | sunting sumber]

Pada ketiga spesies kaki-rumbai, dimorfisme seksual dan kontribusinya dalam mengasuh anak berlawanan dengan apa yang biasanya terlihat pada burung. Betina lebih besar dan berwarna lebih cerah dibandingkan jantan. Betina mengejar dan memperebutkan pejantan, lalu mempertahankannya dari betina lain hingga pejantan mulai mengerami sarangnya. Jantan melakukan semua inkubasi dan perawatan anaknya, sementara betina berupaya mencari jantan lain untuk dikawinkan. Jika seekor jantan kehilangan telurnya karena dimangsa, ia sering kali bergabung kembali dengan pasangan aslinya atau betina baru, yang kemudian bertelur lagi. Ketika musim sudah terlambat untuk memulai sarang baru, betina memulai migrasi ke selatan, meninggalkan jantan untuk mengerami telur dan merawat anak-anaknya. Kaki-rumbai jarang ditemukan di antara burung dan vertebrata pada umumnya karena mereka melakukan poliandri, dengan seekor betina mengambil banyak pasangan jantan, sementara yang jantan hanya kawin dengan satu betina. Secara khusus, phalarope terlibat dalam poliandri serial, di mana betina berpasangan dengan banyak jantan pada waktu berbeda di musim kawin.[6]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Brisson, Mathurin Jacques (1760). Ornithologie, ou, Méthode Contenant la Division des Oiseaux en Ordres, Sections, Genres, Especes & leurs Variétés (dalam bahasa Prancis and Latin). Paris: Jean-Baptiste Bauche. Vol. 1, p. 50, Vol. 6, p. 12. 
  2. ^ Peters, James Lee, ed. (1934). Check-list of Birds of the World. 2. Cambridge, Massachusetts: Harvard University Press. hlm. 292. 
  3. ^ "Phalarope"Perlu langganan berbayar. Oxford English Dictionary (edisi ke-Online). Oxford University Press.  Templat:OEDsub
  4. ^ Jobling, James A (2010). The Helm Dictionary of Scientific Bird Names. London: Christopher Helm. hlm. 301. ISBN 978-1-4081-2501-4. 
  5. ^ Gill, Frank; Donsker, David, ed. (2019). "Buttonquail, plovers, seedsnipe, sandpipers". World Bird List Version 9.1. International Ornithologists' Union. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 December 2018. Diakses tanggal 3 April 2019. 
  6. ^ Neuroscience, Bear, Connors, Paradiso; Lippincott, Williams & Wilkins