Kaisar Hong Wu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kaisar Hong Wu (judul asli: Hong Wu Emperor - Legend of an Emperor 6) adalah manhua karya komikus handal Hong Kong, Tony Wong. Versi aslinya diterbitkan pertama kali oleh Jade Dynasty Comics Pbl. Ltd. pada tahun 2008. Seri manhua ini diterbitkan versi Indonesia oleh PT. Central Kumala Sakti Pbl. Ltd. pada tahun 2009.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Seperti pada seri-seri sebelumnya, manhua ini juga mengisahkan tentang perjalanan seorang anak langit menjadi kaisar besar di zamannya. Kali ini, yang menjadi sentral adalah seorang pemuda bernama Zhu Yuan-Zhang (nama aslinya Zhu Zhong-Ba) menetapi takdirnya bersama sahabat sekaligus penasehatnya--si jenius Liu Bo-Wen--dalam petualangan sebelum akhirnya menjadi kaisar besar bergelar Ming Tai-zu (Kaisar perintis dinasti Ming).

Volume 01
Kaisar I dinasti Ming, Zhu Yuan-Zhang tampak sedang menghukum mati pengkhianat yang berusaha menggulingkannya, termasuk di antaranya adalah sahabat baiknya sendiri, Liu Bo-Wen. Flashback, Zhu Yuan-Zhang muda yang menjadi perampok sedang melakukan penghadangan terhadap rombongan Liu Bo-Wen, tetapi dalam satu masa kritis, dia justru menghabisi semua kawannya dan menyelamatkan Liu Bo-Wen, ternyata itu semua hanyalah strategi yang disusun Liu Bo-Wen dan Zhu Yuan-Zhang untuk melenyapkan seluruh perampok itu. Flashback lebih jauh lagi, Zhu Yuan-Zhang saat masih bernama Zhu Zhong-Ba tampak akan menghajar peramal Liu Ji (Liu Bo-Wen) yang dianggap menipu kekasihnya, saat trance, Liu Ji justru meramal bahwa Qiao Qiao, pacar Zhu Zhong-Ba, akan mati secara tragis hari itu juga. Kaget dengan ramalan itu, Zhu Zhong-Ba segera pulang. Ternyata di dalam kedai tempat Qiao Qiao bekerja telah kedatangan raja Mongol, Timurleng, dan dua pengawalnya, Pata dan Feng Pan. Qiao Qiao yang cantik menarik perhatian raja itu yang kemudia berusaha memperkosanya. Zhu Zhong-Ba yang datang kemudian justru kelepasan tangan membunuh Timurleng, sebagai balasannya Pata memukul Qiao Qiao yang menyebabkan gadis ini tewas seperti yang diramalkan. Zhu Zhong-Ba yang lari menghindar justru diselamatkan oleh peramal misterius yang merobohkan 2 pengawal itu. Kembali ke flashback awal, saat berlari dari kejaran Khanlui kakak Timurleng, dua sahabat itu justru masuk ke sarang aliran Ming Matahari dan Rembulan yang sedang mempersiapkan proses inkarnasi Raja Rembulan ke tubuh yang terpilih, Han Yue-Wu. Pertempuran mereka justru melemparkan Zhu Yuan-Zhang ke altar yang sedang berproses transformasi, akibatnya roh Raja Rembulan justru masuk ke Zhu Yuan-Zhang dan menyebabkan tubuh Han Yue-Wu tak lagi bangkit. Tapi sekte matahari pimpinan Datuk Jubah Putih yang berseteru dengan sekte rembulan pimpinan Mpu Mahkota Hitam justru berusaha membunuh Zhu Yuan-Zhang. Tapi kedua ketua sekte itu justru akur dan membantu Zhu Yuan-Zhang yang bisa mengeluarkan ilmu dari kedua sekte dengan baik. Kekuatan ilmu yang dikeluarkan Zhu Yuan-Zhang dalam kondisi trance sanggup merobohkan gunung tempat upacara serta melukai Khanlui. Tapi dendam kepada Zhu Yuan-Zhang justru tersulut di hati Bayang Rembulan, kekasih Han Yue-Wu.

Karakter[sunting | sunting sumber]

  • Zhu Yuan-Zhang
    Pemuda ini ditakdirkan menjadi kaisar pertama pendiri dinasti Ming. Nama aslinya adalah Zhu Zhong-Ba, dan setelah menjadi kaisar bergelar Ming Tai-Zu. Tidak sengaja menjadi pemimpin aliran Ming sekte matahari rembulan dari Persia setelah secara beruntung menerima inkarnasi raja rembulan.
  • Liu Bo-Wen
    Sahabat karib yang beberapa tahun lebih tua dari Zhu Yuan-Zhang. Nama aslinya adalah Liu Ji. Seorang sastrawan jenius yang disebut-sebut sebagai inkarnasi Zhuge Liang Kong Ming. Perannya amat vital dalam menyukseskan sahabatnya meniti jalan sebagai anak langit. Namun akhirnya dia menerima karmanya gugur di tangan sahabatnya sendiri.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • Tapak Budha - manhua dengan tema dan pengarang yang sama