Kairo-kō

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kairo-kō: A Dirge
PengarangNatsume Sōseki
Judul asli薤露行
PenerjemahToshiyuki Takamiya dan Andrew Armour
Negara Jepang
BahasaJepang
Genre
Tanggal terbit
1905

Kairo-kō: A Dirge (薤露行, Kairo-kō) adalah sebuah novel tahun 1905 oleh penulis Jepang bernama Natsume Sōseki. Pemnawan prosa di bagian awal, dan satu-satunya utama, dari legenda Arthurian dalam bahasa Jepang, novel ini menceritakan cinta segitiga yang berzina antara Lancelot, Guinevere, dan Elaine dari Astolat.[1]

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Kairo-kō terdiri dari pengantar singkat terdiri dari lima bagian.[1] Bagian pertama, "Mimpi" menceritakan percakapan antara Guinevere dan Lancelot di mana ia menggambarkan mimpinya tentang seekor ular yang melilit seapsang pasangan dan mengikatnya bersama; itu berakhir dengan Lancelot menuju ke sebuah turnamen. Bagian kedua, "The Mirror", menceritakan sebuah adegan berdasarkan "The Lady of Shalott" karya Tennyson: Lady hanya dapat melihat dunia melalui refleksi cermin atau dia akan mati, tetapi ketika dia melihat Lancelot dia berbalik dan memandangnya sejenak. Tindakannya itu malah membunuhnya, tetapi itu tak terjadi sebelum dia menempatkan kutukan kematian pada Lancelot. Bagian "The Sleeve" menceritakan episode terkenal di mana Elaine of Astolat meyakinkan Lancelot untuk mengenakan lengan bajunya di tamengnya sebagai tameng dalam pertarungan. Guinevere mencari tahu tentang hubungan Lancelot dengan Elaine di bagian selanjutnya, "The Transgressive"; Mordred mengutuknya karena perselingkuhannya melawan Raja Arthur bersama Lancelot. Bagian terakhir, "Perahu", menyangkut kematian Elaine; berduka atas kehilangan Lancelot, dia meninggal dan ditempatkan di sebuah kapal bersama dengan surat yang menyatakan cintanya, dan dikirim ke hilir Camelot.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Takamiya, Toshiyuki (1991). "Natsume Sōseki". In Norris J. Lacy, The New Arthurian Encyclopedia, p. 424. (New York: Garland, 1991). ISBN 0-8240-4377-4.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]