Abdul Kahar Muzakkar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kahar Muzakar)

Kahar Muzzakkar
Lahir(1921-03-24)24 Maret 1921
Ponrang Selatan, Luwu, Sulawesi Selatan
Meninggal3 Februari 1965(1965-02-03) (umur 43)
Lasolo, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara
KebangsaanIndonesia

Abdul Kahar Muzakkar atau Abdul Qahhar Mudzakkar, (24 Maret 1921 – 3 Februari 1965) (nama kecilnya La Domeng), adalah pendiri Tentara Islam Indonesia di Sulawesi.

Pergerakan[sunting | sunting sumber]

Kahar menyelesaikan pendidikan di Standarschool milik Muhammadiyah dan lulus pada 1935. Kemudian ia melanjutkan pendidikan ke Mualimin Solo, sebuah sekolah guru yang juga milik Muhammadiyah.

Pada awal tahun 1950, dia memimpin para bekas gerilyawan Sulawesi Selatan dan Tenggara dan mendirikan Tentara Islam Indonesia (TII), yang kemudian bergabung dengan Darul Islam (DI), dan di kemudian hari dikenal dengan nama DI/TII di Sulawesi Selatan dan Tenggara.

Pada tahun 1950 terjadi konflik internal antara Angkatan Darat (Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat) dengan pihak gerilyawan (Kesatuan Gerilya Sulawesi Selatan) di Sulawesi Selatan. Kesatuan Gerilya Sulawesi Selatan (KGSS) saat itu menginginkan tempat di tubuh Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat (APRIS).

Pada Juni 1950, Kahar sebagai mantan pemimpin pasukan KGSS datang ke Makassar untuk menyelesaikan konflik internal ini. Pada 1 Juli 1950, ia mengungkapkan maksud KGSS agar diakomodir menjadi Resimen Hasanuddin di dalam tubuh Tentara Nasional Indonesia (TNI), tetapi usulan itu ditolak oleh pihak TNI. Pada 7 Agustus 1953, bersama pasukan KGSS, Kahar memutuskan untuk bergabung bersama NII Kartosoewirjo untuk wilayah Sulawesi Selatan.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 3 Februari 1965, melalui Operasi Tumpas yang dipimpin langsung oleh Jenderal M. Jusuf, Kahar Muzakkar dinyatakan tertembak mati dalam pertempuran antara pasukan TNI dari satuan Divisi Siliwangi Kujang I 330 dan anggota pengawal Kahar Muzakkar di Lasolo. Kahar tewas setelah butir Peluru dari Kopral Ili Sadeli bersarang di tubuhnya. Namun makamnya tidak pernah diberitakan dan hingga saat ini masih dirahasiakan. Hanya sedikit pejabat militer yang menyaksikan pemakaman Kahar Muzakkar.

Pada tahun 1965, kabar kematian Kahar Muzakkar itu telat sampai ke Jakarta karena lokasi tertembaknya Kahar sangat sulit terjangkau. Jenazahnya dibawa ke Makassar, Kolonel M. Jusuf memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk menyaksikan jenazah itu, dan memastikan sendiri bahwa yang mati adalah benar Kahar Muzakkar.

Meski sudah dinyatakan tertembak mati, terdapat sebagian orang yang mempercayai bahwa Kahar Muzakkar belum mati. Hal ini diperkuat karena masyarakat tidak mengetahui di mana keberadaan makam Kahar Muzakkar, pemerintah merahasiakan demi menghindari pemujaan terhadap Kahar Muzakkar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]