Kage-ryū (Aizu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kage-ryū
(陰流)
Foundation
PendiriAizu Hyūga-no-Kami Iko (c.1452–1538)
Tanggal didirikanc.1490
Periode didirikanPeriode Sengoku (pertengahan 1400–pertengahan 1600)
Informasi mutakhir
Ketua sekarangTidak ada
Markas besar sekarangTidak ada
Seni yang diajarkan
SeniDeskripsi
KenjutsuSeni beladiri berpedang
Aliran turunan
Yagyū Shinkage-ryū

Kage-ryū (陰流) adalah perguruan tradisional (koryū) berpedang (kenjutsu) yang didirikan oleh Aizu Hyūga-no-Kami Iko (c.1452–1538) sekitar tahun 1490. Perguruan ini kadang juga disebut Aizu Kage-ryū berdasarkan nama dari pendirinya. Sang pendiri juga dikenal sebagai Aizu Ikōsai Hisatada, dan nama keluarganya kadang ditulis "Aisu" alih-alih "Aizu."

Warisan[sunting | sunting sumber]

Aizu mempunyai dua murid utama, anaknya Aizu Koshichiro, dan Kamiizumi Hidetsugu. Kamiizumi Hidetsugu pada akhirnya mengajarkan Kage-ryū ke anaknya yang bernama Kamiizumi Ise-no-Kami Nobutsuna, seorang ahli pedang terkemuka dan pendiri perguruan Shinkage-ryū (新陰流) (yang nantinya dinamakan Yagyū Shinkage-ryū oleh muridnya yang tak kalah tenarnya bernama Yagyū Sekishūsai Muneyoshi.

Kage-ryū sekarang[sunting | sunting sumber]

Saat ini perguruan Kage-ryū dari Aizu Hyūga-no-Kami Iko hadir hanya melalui pengaruhnya terhadap perguruan-perguruan berpedang yang muncul di kemudian hari, seperti Yagyū Shinkage-ryū dan Kashima Shinden Jikishinkage-ryū, yang juga mempengaruhi ilmu dari perguruan-perguruan lainnya.