Kafila Islamic School Jakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pesantren KAFILA International Islamic School
Didirikan 4 Juli2005
Jenis Pondok pesantren
Motto To Be The Agent of Change
Afiliasi Islam
Pimpinan Sudarisman Ahmad, Lc
Lokasi Jl. Raya Bogor Km 22 No 22 Rambutan Ciracas, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia
Telepon 021-87796325 021-8400762
Situs web [1]
Pesantren dengan beasiswa penuh

Keterpurukan yang kita alami saat ini, tak lepas dari makin jauhnya kita dari kepatuhan kepada Allah Sang Pencipta. Ibadah seakan tak lebih dari sebuah rutinitas, kosong dari ilmu dan penghayatan. Materialisme telah dijejal sehingga materi menjadi ukuran dan tujuan. Rusaknya tatanan pun tak terelakkan. Ada kesadaran bahwa sector pendidikan adalah solusi strategis permasalahan ini, tetapi karena tidak mengacu pada nilai-nilai kenabian (Sunnah), hasilnya belum dapat mengimbangi apalagi menanggulangi produk kemungkaran yang semakin berani transparan. Kafila Islamic School mencoba hadir mengisi kekosongan. Ingin membangun milieu berbudaya ilmu dan berkurikulum syari'ah yang dapat melahirkan ulul albab, yang menjadikan hasil karya ulama' organ hidup di bumi pendidikan.

Perubahan harus dimulai, wacana dan praksis ilmu dan pendidikan harus kembali ke pangkuan Al Qur'an dan Sunnah sebagai landasan mutlak syari'ah islamiyah sesuai dengan metode Rasulullah SAW yang mendidik (tarbiyah) dan mengajar (ta'lim) dengan membangun pondasi afeksi melalui keagungan ayat (tilawah) dan menyingkirkan karakter buruk manusia (tazkiyah).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pertangahan tahun 2005 sejumlah pengusaha mendirikan sebuah lembaga penampungan dan pendidikan untuk anak-anak jalanan dan yatim piatu yang diberi nama Kafila School dengan pembina lembaga adalah Ir. H. Abdullah Mas'ud dan Ust. Masrur Syamhari.

Pada mulanya anak-anak binaan Kafila School yang berasal dari wilayah Jabodetabek diasuh oleh Ust. Saifullah, Ust. Sudarisman Ahmad sebagai pembina kepribadian, akhlak dan diniyah. Mulai akhir Desember 2005 Ust Arifudin Dzulzadani didatangkan ke Kafila School untuk membantu belajar siswa.

Juli 2006, Yayasan Kafila Thoyiba yang menaungi Kafila School memutuskan untuk membuka pesantren yang menjadikan program Tahfidz Al Qur'an dan Bahasa Arab sebagai program unggulan dengan mudir Ust. Sudarisman Ahmad. MTs Al Kahfi menjadi sekolah formal bagi para santri. Pesantren ini menjaring 15 siswa dari beberapa daerah : Jakarta, Bogor, Bandung, Cilacap, Magelang dan Yogyakarta. Merekalah siswa angkatan pertama Pesantren Kafila.

Nama Kafila Islamic School diresmikan pada bulan Januari 2007 sebagai identitas pesantren dengan Pimpinan Ust. Sudarisman Ahmad dan kepala MTs. Ust Abdurrahim Qurthubi. Perluasan wilayah rekruitmen siswa pada tahun 2007 mulai menjangkau daerah Gresik dan Lamongan, Jawa Timur.

Yayasan Kafila Thoyiba memiliki visi jauh kedepan dalam membawa Kafila Islamic School sehingga nama pesantren diubah menjadi Kafila International Islamic School (KIIS) pada tahun 2008 hingga sekarang.

Implementasi ISO-9001:2008 di lingkungan Pesantren Kafila sebagai wujud komitmen perbaikan terus menerus menjadi program pengembangan utama hingga disertifikasi pada Maret 2009. Penataan organisasi di bawah kepemimpinan Ust. Sudarisman Ahmad dan Ust Arifudin Dzulzadani sebagai Management Representative (QMR) terus dilaksanakan untuk menemukan pola manajemen yang tepat.

Madrasah Aliyah (MA) Kafila resmi berdiri pada tahun 2010 dengan kepala sekolah Ust. Yazid Abdul Alim yang merangkap sebagai pimpinan Pesantren Kafila, meneruskan tongkat estafet dari Ust. Sudarisman Ahmad yang telah membidani dan mengembangkan Pesantren Kafila selama 5 tahun dan kini melanjutkan studinya di Riyadh, Saudi Arabia.

Program Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Kafila International Islamic School adalah sebuah sekolah yang berbasis pesantren dengan program pendidikan selama enam tahun dengan beasiswa penuh meliputi : asrama, SPP sekolah, listik, air, makan, dll.

Tiga ranah yang menjadi ujung tombak pembinaan siswa berada dalam koordinasi : Wakil Direktur Bid. Pendidikan dan Pengajaran yang bertanggung jawab untuk mengelola kegiatan belajar mengajar dalam sebuah sekolah formal. Wakil Direktur Bid. Asrama memiliki tugas mengawal siswa untuk program pembinaan dalam kehidupan sehari-hari Wakil Direktur Bid, Al Qur'n mendesain program tahfidz untuk siswa sehingga diharapkan siswa memiliki kompetensi dalam bidang hafalan Al Qur'an.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]