Kŭmgangsan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Fall-of-Kuryong-at-GeumGangSan.jpg

Kŭmgangsan atau Gunung Kŭmgang adalah gunung di Korea Utara. Gunung Kumgang yang memiliki ketinggian 1.638 meter merupakan bagian dari Rangkaian Pegunungan Taebaek yang memanjang di bagian timur Korea Utara sampai Korea Selatan. Gunung Kŭmgang berada dalam Daerah Wisatan Kŭmgangsan yang dahulu merupakan bagian dari provinsi Kangwon.

Dalam bahasa Korea Kŭmgangsan berarti Gunung Berlian. Gunung ini merupakan salah satu objek wisata yang paling terkenal di Semenanjung Korea. Orang Korea sejak lama mengagumi kecantikan alam Gunung Kŭmgang. Bahkan di setiap musim ia memiliki nama yang berbeda-beda. Pada musim semi dinamakan Kŭmgangsan (金剛山), pada musim panas disebut Pongraesan ( 蓬萊山). Lalu pada musim gugur dinamakan Phung'aksan (楓嶽山), dan Kaegolsan (皆骨山) di musim dingin.

Gunung Kŭmgang merupakan salah satu daerah terbasah di Korea dan masih ditutupi hutan alami. Atraksi utamanya adalah puncak yang tersusun atas ribuan formasi batu granit dan diorite. Di dalam kawasan gunung terdapat beberapa kuil Buddha, air terjun, danau serta aliran sungai.

Sejak tahun 1998, turis dari Korea Selatan telah diizinkan untuk mengunjungi Kŭmgangsan, pada awalnya dengan kapal pesiar, namun pada saat ini hanya dengan menggunakan kereta. Wilayah ini dipisahkan dari provinsi Kangwon dan menjadi wilayah pariwisata tersendiri. Jalur darat dibuka pada tahun 2003. Pelopor tur ke objek wisata ini adalah perusahaan Korea Selatan, Hyundai Asan.

Pada tahun 1998 hanya tercatat 15.500 pengunjung di bulan November dan Desember, pada tahun 1999 menjadi 148.000, dan 213.000 turis pada tahun 2000. Pada tahun 2001, kunjungan wisatawan sempat turun menjadi 58.000 karena peraturan kunjungan diganti dengan akses melalui darat. Pada tahun 2002, total hampir 500.000 wisatawan telah mengunjungi objek wisata ini. Sejak saat itu setiap tahunnya sekitar 240.000 orang wisatawan datang berkunjung. Pada bulan Juni 2005 Hyundai Asan memperkirakan bahwa satu juta orang turis Korea Selatan telah mengunjungi Gunung Kumgang.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

(Indonesia)Gunung Kumgang Menjadi Simbol Rekonsiliasi Korea