Kōenji

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Arkade perbelanjaan di Koenji

Kōenji (高円寺?) adalah nama kawasan di Suginami, Tokyo, sebelah barat Shinjuku. Nama kawasan ini diambil dari nama kuil Buddha di tempat ini. Koenji berada dekat dari pusat Tokyo. Khususnya daerah sekitar stasiun Koenji memakmurkan di Koenji.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Koenji adalah kota yang terkenal baik untuk muda-mudi. Ada banyak pertokoan di daerah sekitar stasiun Koenji, di dalam situ ada banyak toko yang orang muda sukai. Yaitu toko baju lama, toko barang-barang kelontong, kafeteria dandan dan lain lain. Terutama Koenji sangat ramai pada hari liburan karena muda-mudi berkumpul di Koenji.

Koenji dipanggil “India di Jepang” karena harga barang-barang di Koenji sangat murah dibandingkan dengang harganya di daerah lain Tokyo dan karena ada banyak toko etnik. Muskipun makanan, musik dan baju etnik terkenal di Jepang sekarang, Kami bisa berkata Koenji menyebarluaskan tren etnik.

Ada banyak orang yang punya suasana khas dan bebas di Koenji. Hampir tidak ada orang yang memakai setelan, bajunya lain dari yang lain, mereka tidak memakai baju hampir sama.

Tapi Koenji bukan hanya kota untuk muda-mudi. Masih ada banyak toko sejak dulu, juga tinggal suasana dulu. Kami sering melihat bahwa orang muda dan orang yang tua berkomunikasi di toko dan jalan. Kota ini adalah kota yang menyatukan masa kini dan dahulu kala.

Pesta Tari Awa di Koenji[sunting | sunting sumber]

Awa Odori di Kōenji

Pesta tari Awa di Koenji menyelenggarakan di dalam pertokoan Koenji pada akhir pekan, Agustus. Banyak kelompok tari Awa mengikuti pesta ini, mereka menari-nari di dalam pertokoan dan mempertandingkan tehnik dan seni tari. Di sekitarnya ada banyak warung dan kami bisa membeli dan makan bermacam-macam makanan. Pesta ini terkenal di Tokyo, bukan hanya penduduk, tapi juga orang yang tinggal di daerah jauh mengikuti pesta ini. Kelompok dari Tokushima (tempat asal tari Awa) juga datang ke Koenji dan menari. Sekarang pesta ini adalah salah satu pesta yang menonjol di Tokyo pada musim panas.