Jurnalisme visual

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jurnalisme visual merupakan praktik yang menggabungkan kata serta gambar secara strategis yang bertujuan untuk menyampaikan informasi.

Jurnalisme visual berdasarkan pada gagasan perubahan yang cepat dan sering tidak bisa mengikuti konsep. Jurnalisme ini menggabungkan berbagai simbol kuno yang beresonansi terhadap manusia lints budaya serta waktu, cara penyampaiannya juga singkat dan mendalam. Jurnalisme visual ini merupakan hasil praktik yang difasilitasi oleh grafis serta rekaman yang masuk pada ruang direksi perusahaan, konferensi, serta lembaga think tahun 1970-an yang dipimpin oleh David Sibbet yang seorang pendiri The Grove Consultants Internasional. Tapi akarnya berasal dari lukisan gua dan terus berlanjut dalam karya desainer, arsitek, dan insinyur. Baru-baru ini memiliki visualisasi interaktif kuno semacam ini yang umum digunakan dalam berbagai keterlibatan kelompok. Bapak ilmiah dari bentuk komunikasi visual ini adalah Robert Horn, Ph.D. , seorang rekan diUniversitas Stanford dan penulis buku Bahasa Visual .

Jurnalisme visual bukanlah rangkaian simbol dengan makna yang tepat, melainkan gambar yang menunjukkan makna kompleks dan, dalam tradisi cartouche Mesir , mengandung kata-kata. Simbol tidak hanya mewakili tetapi berpartisipasi dalam makna dan, dalam kombinasi dengan frase yang menggugah, dirancang untuk memancing pemikiran kreatif. Bahasa visual adalah salah satu alat yang dijelaskan oleh penulis Daniel Pink dalam bukunya A Whole New Mind for the emerging "conceptual age" di mana orang harus mentolerir ambiguitas dan berkomunikasi dengan cepat, seringkali sebelum konsep siap ditangkap dalam tulisan tradisional.