Julian dari Norwich

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gereja Santa Julian di Norwich

Julian dari Norwich (8 November 1342- 1416) adalah seorang mistikus Kristen perempuan yang berasal dari Inggris.[1] Dia dilahirkan pada tanggal 8 November 1342 dan meninggal pada tahun 1416. Menurut Julian, misteri kehadiran Allah dapat dirasakan manusia melalui kontemplasi jiwa.[1] Julian banyak menerima penglihatan.[1] Berbagai penglihatan yang dia dapatkan ini sangat membantunya ketika ia membuat buku yang berisikan refleksi-refleksi teologisnya.[1]

Dalam bukunya itu yang diberi judul Revelations of Divine Love, ia mengemukakan sebuah teori pendamaian dengan menggunakan gambaran seorang hamba yang jatuh dan tuan yang murah hati. [2] Saat hamba yang penuh semangat dalam bekerja itu terjatuh dalam sebuah parit, sang hamba merasa dirinya tidak berguna dan mengira tuannya akan menyalahkannya. [2] Akan tetapi, tuannya justru tidak menyalahkan tetapi berbaik hati pada hambanya. [2] Bagi Julian, keadaan ketika sang hamba merasakan sakit dan tidak mampu melihat kehadiran tuannya adaah keadaan manusia yang berdosa. [2] Sang hamba dalam kisah tersebut bisa menunjuk pada manusia dan Yesus. [2] Dengan demikian, sosok Allah sebagai tuan yang diimajinasikan Julian dalam cerita ini adalah Allah bukanlah Allah yang keras tetapi lemah lembut, ramah dan berbelas kasih. [2] Pandangan Julian ini sangat berbeda dengan sosok Allah yang digambarkan oleh Anselmus. [2]

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Love's Trinity: A Companion to Julian of Norwich. Long text translated by John-Julian, OJN, with a commentary by Frederick S. Roden, AOJN. Collegeville, Minnesota: Liturgical Press, 2009.
  • McAvoy, L. H., ed., A Companion to Julian of Norwich, Woodbridge, Suffolk, 2008.
  • Petroff, E. Body and soul : essays on medieval women and mysticism, Oxford: Oxford University Press, 1994. ISBN 0-19-508454-3 ISBN 0-19-508455-1 (pbk.)
  • Watt, D., Medieval Women's Writing. Cambridge, Polity, 2007.
  • Witalisz, Wladislaw. "Authority and the Female Voice in Middle English Mystical Writings: Julian of Norwich and Margery Kempe." In: Homo Narrans: Texts and Essays in Honor of Jerome Klinkowitz. Ed. Zygmunt Mazur and Richard Utz (Cracow: Jagiellonian University Press, 2004), pp. 207–18.
  • Dutton, Elisabeth. A Revelation of Love. (Introduced, Edited & Modernized). Rowman & Littlefield, 2008.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d {en} Dale T. Irvin, Scott W. Sunquist . 2001. History of The World Christian Movement, volume I: Earliest Christianity to 1453. New York: Orbis Books. Hlm. 479.
  2. ^ a b c d e f g {id} Joas Adiprasetya. 2010. Berdamai dengan Salib. Jakarta:Grafika Kreasindo. hlm. 46-47.