José Sócrates

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

José Sócrates Carvalho Pinto de Sousa GCIH (diucapkan IPA /ʒu.'zɛ 'sɔ.kɾɐ.tɨʃ/;) lahir di Porto[1], tetapi didaftarkan oleh ayahnya di Vilar de Maçada Alijó, pada 6 September, adalah politikus Portugal, sekretaris jenderal Partai Sosialis Portugal, Perdana Menteri Portugal sejak 12 Maret 2005.

Ia telah menjadi anggota Partai Sosialis sejak 1981 dan anggota parlemen sejak 1987. Pada 1995, ia terjun ke dalam pemerintahan sebagai Menteri Lingkungan Hidup dalam pemerintahan pertama António Guterres. Dua tahun kemudian, ia menjabat sebagai Menteri Urusan Pemuda dan Olahraga, dan menjadi salah satu organisator dari Piala Euro 2004 di Portugal.

Ia menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup dalam pemerintahan Guterres kedua pada 1999. Setelah pemilihan umum 2002 (yang dimenangi José Manuel Durão Barroso), Sócrates menjadi anggota oposisi dalam Parlemen Portugal. Setelah pengunduran diri Ferro Rodrigues sebagai pemimpin partai pada 2004, ia memenangkan persaingan untuk jabatan sebagai sekretaris jenderal dan mengalahkan Manuel Alegre dan João Soares. Ia memperoleh hampir 80% suara dari anggota partainya pada 24 September2004. Pernikahannya melahirkan dua anak.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

José Sócrates adalah seorang insinyur sipil, dengan pendidikan pasca-sarjana di bidang teknik kesehatan. Ia memperoleh gelar bacharelato 3 tahun (sarjana) dari Instituto Superior de Engenharia de Coimbra (1978), dan kemudian menyelesaikan studinya dengan gelar licenciatura (gelar lisensiat atau magister) dari sebuah universitas swasta di Lisboa (1981) [2]. Ia bercerai, dan mempunyai dua orang anak. Sócrates adalah pemilih terdaftar di munisipalitas Covilhã. Ia telah tinggal di daerah ini sejak masa kecil hingga remajanya bersama ayahnya, seorang arsitek yang bercerai.

Didahului oleh:
Pedro Santana Lopes
Perdana Menteri Portugal:
2005-
Digantikan oleh:
masih menjabat