Johnny Rockets

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Johnny Rockets
Swasta
IndustriRestoran hamburger
Didirikan6 Juni 1986
Los Angeles, California, United States
PendiriRonn Teitelbaum
Kantor
pusat
Aliso Viejo, California, United States
Cabang
320 (2010)[1]
Wilayah operasi
Dunia
Tokoh
kunci
John Fuller, CEO
ProdukAmerican Food Choices
Pendapatan$300 juta (2010)[2]
PemilikRedZone Capital GP LLC
Situs webjohnnyrockets.com

Johnny Rockets adalah waralaba restoran Amerika Serikat dengan konsep menciptakan suasana restorant klasik Amerika. Tema restoran gaya diner ini sudah lazim dilihat pada periode 1950an. Dekorasi di dalam termasuk iklan Coca-Cola menampilkan papan kartu timbul dengan ilustrasi para wanita Perang Dunia kedua dengan seragam dinas militer, jukebox, nuansa chrome dan dudukan warna merah vinil seats. Para staf di beberapa lokasi dikenal suka menyanyi dan menari setiap setengah jam. Ciri khas lainnya dari Johnny Rockets adalah membuat sebuah wajah tersenyum dengan kecap di piring kertas ketika menyajikan kentang goreng.

Menunya, presentasi, meja operasi dan area pemanggangan semuanya berdasarkan sebuah restoran sejenis dari tahun 1947 (yang masih beroperasi hingga sekarang), The Apple Pan, di West Los Angeles, California: Sebuah menu dua sisi dengan beberapa pilihan, hamburger yang disajikan dengan kertas pembungkus dan di piring kardus, hamburger yang dipanggang berdasarkan pesanan dengan yang bisa dilihat langsung dari sisi meja pelanggan.[3][4][5]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Johnny Rockets didirikan pada 6 Juni 1986, oleh Ronn Teitelbaum dari Los Angeles, California, dan "dirancang sebagai rekreasi 'tulus' berdasarkan pengalaman masa kecilnya di toko 'malt' antik 1940an." Restoran pertama dibangun sebagai sebagai sebuah usaha dengan meja operasi 20-bangku di Melrose Avenue di Los Angeles.[4]

Pada tahun 1999, Royal Caribbean International menampilkan sebuah lokasi Johnny Rockets di atas kapal Voyager of the Seas, menjadikan kapal tersebut sebagai restorant "bergerak" Johnny Rockets. Sejak saat itu dan seterusnya perusahaan pelayaran tersebut menawarkan sebuah lokasi Johnny Rockets di atas tiap-tiap kapal pesiar baru mereka.

Waralaba Johnny Rockets yang terbesar di dunia dibuka pada 25 April, di dalam taman hiburan Knott's Berry Farm di Buena Park, California. Restoran di wilayah ini memiliki luas lahan lebih dari 5.900 square feet (550 m2), dengan dudukan luar ruangan untuk lebih dari 260 tamu dengan tambahan area dudukan teras luar ruangan. Lokasinya terletak di taman hiburan Boardwalk.[6]

Johnny Rockets di Denver

Pada Februari 2007, telah diumumkan[7] bahwa Red Zone Capital, perusahaan ekuitas swasta milik Daniel Snyder, telah setuju untuk membeli waralaba ini. Snyder membeberkan rencana-rencana untuk meluaskan merek dagang Johnny Rockets baik di dalam atau di luar Amerika Serikat, termasuk peluncuran outlet-outlet yang lebih kecil yang lazim dikenal sebagai Johnny Rockets Express.

Restoran dengan tipe mempunyai tempat duduk yang dimiliki oleh Six Flags (yang mana pemegang saham terbesarnya adalah Red Zone), Trappers Adirondack Grill, telah diubah menjadi restoran Johnny Rockets pada Juni 2008.

Pada April 2009, kandang baru Yankee bernama Yankee Stadium dibuka dengan banyak stand Johnny Rockets dipenjuru stadium. Stand-stand tersebut menyediakan menu tradisional Johnny Rockets seperti hamburger, kentang goreng, shakes, dan malts di antara pilihan menu. FedEx Field, kandang dari Washington Redskins (stadium dan tim dimiliki oleh Snyder, yang perusahaannya memiliki Johnny Rockets), juga menampilkan areal konsesi Johnny Rockets.[8]

CEO Johnny Rockets, John Fuller, pernah tampil di Undercover Boss di stasiun TV CBS.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Volpe, Michael (July 19, 2010). "Johnny Rockets Offers Loans to Credit-Strapped Franchisees". Orange County Business Journal. 33 (29): 4. 
  2. ^ Hamanaka, Kari (May 9, 2011). "Johnny Rockets: Americana Abroad Driving Growth". Orange County Business Journal. 34 (19): 4. 
  3. ^ L.A. Time Machines
  4. ^ a b Spector, Amy (September 25, 2000). "Ronn Teitelbaum, Johnny Rockets founder, dies at 61". Nation's Restaurant News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-07-09. Diakses tanggal 2012-01-04. 
  5. ^ "The Apple Pan hickory burger revisited (with clear eyes)" Diarsipkan 2010-01-29 di Wayback Machine.. Chowhound.com. February 18, 2007.
  6. ^ World's Largest Johnny Rockets Opens At Knott's Berry Farm
  7. ^ Ross, Andrew (2007-02-09). "Footballs, Funhouses and Fries - New York Times". Nytimes.com. Diakses tanggal 2011-11-25. 
  8. ^ "RedZone Capital to Acquire Johnny Rockets". Display and Design Ideas. February 13, 2007. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]