John Metcalf

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
John Metcalf

John Metcalf speaking at the Eden Mills Writers Festival in 2016
Metcalf di Festival Penulis Eden Mills pada tahun 2016
LahirJohn Wesley Metcalf
12 November 1938 (umur 85)
Carlisle, Inggris
Pekerjaan
  • Penulis
  • kritikus
  • editor
KebangsaanKanada
AlmamaterUniversitas Bristol
Aliran sastraContemporary Canadian Literature
PasanganMyrna Teitelbaum Metcalf

John Wesley Metcalf CM (lahir 12 November 1938) adalah seorang penulis, editor, dan kritikus berkebangsaan Kanada yang lahir di Inggris.

Profil[sunting | sunting sumber]

Metcalf lahir di Carlisle, Inggris pada tanggal 12 November 1938. Ayahnya, Thomas Metcalf, adalah seorang rohaniwan, sementara ibunya, Gladys Moore Metcalf, adalah seorang guru. Metcalf berimigrasi ke Kanada pada tahun 1962. Di Kanada, ia mulai menulis. Pada tahun 1975, ia menikah dengan Myrna Teitelbaum dan sekarang tinggal bersamanya di Ottawa, Ontario.

Ia telah memberikan kontribusi besar dalam bidang sastra Kanada melalui pekerjaannya sebagai editor, pengajar di berbagai tingkat pendidikan di seluruh Kanada, kritikus terhadap penulis lain, penyusun antologi, dan penerbit serta promotor penulis-penulis Kanada. Metcalf dikenal sebagai "pengarang cerita, editor, novelis, esais, kritikus" dan terkenal karena satirenya tentang kehidupan dan dunia akademik di Kanada.[1] Tulisannya kaya akan emosi yang intens dan menggunakan imaji-imaji yang dia ambil dari pengalaman sebagai pendidik di Kanada. Banyak orang di bidangnya menganggap Metcalf sebagai otoritas dalam penulisan dan kritik sastra.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Davey, Frank. "Metcalf in Darkest Canada." Canadian Literature 185 (2005): 167–169. Literary Reference Center. EBSCO. Web. 25 October 2010.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]