Joey Tempest

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Joey Tempest
Joey Tempest in Lakselv 2008.jpg
Joey Tempest di Lakselv, Norwegia, 13 Juli 2008.
Latar belakang
Nama lahir Rolf Magnus Joakim Larsson
Genre Hard rock, Glam metal
Instrumen vokal, kibor, gitar
Tahun aktif 1979–sekarang
Artis terkait Europe
Situs web http://www.europetheband.com/

Joey Tempest (lahir di Upplands Väsby, 19 Agustus 1963; umur 51 tahun) adalah vokalis dan penulis utama lagu-lagu grup musik hard rock terkenal Europe. Nama aslinya adalah Rolf Magnus Joakim Larsson. Dia lah yang menulis hit-hit Europe seperti Carrie (bersama Mic Michaeli), Superstitious, Rock The Night, "Prisoners in Paradise, termasuk lagu Europe yang sangat fenomenal, "The Final Countdown".

Karier[sunting | sunting sumber]

Kemampuan dalam bermusik dan menyanyi serta cita-citanya untuk menjadi bintang rock, mempertemukannya dengan gitaris John Norum, bassis Peter Olsson dan pemain drum Tony Reno pada tahun 1979. Mereka sepakat untuk mendirikan grup rock Force. Grup ini memenangkan satu kontes musik nasional dan kemudian mengubah namanya menjadi Europe.

Awal karier bersama Europe antara tahun 1979 sampai dengan 1984, Joey Tempest berperan sebagai vokalis sekaligus pemain keyboards sebelum band memutuskan untuk merekrut Mic Michaeli sebagai pemain keyboards. Pergantian personel Europe terjadi di awal karier mereka seperti pemain bas Peter Olsson diganti John Leven dan posisi pemain drum diisi Ian Haugland. Tahun 1985, Joey menulis lagu Give A Helping Hand untuk Swedish Metal Aid, sebuah konser amal dari para rocker Swedia untuk membantu korban kelaparan di Ethiopia. Produser lagu ini adalah seorang gitaris glam rock Kee Marcello yang kelak menjadi gitaris Europe menggantikan John Norum.

Setelah para personel Europe memutuskan untuk istirahat pada tahun 1992, Joey Tempest merilis beberapa album solo. Yang pertama pada tahun 1995 yang diberi judul A Place to Call Home. Di album ini Joey mengundang John Norum untuk mengisi lead guitar di lagu Right To Respect.

Tahun 2003 Joey Tempest kembali mengaktifkan Europe bersama formasi klasik, John Norum sebagai gitaris, Mic Michaeli sebagai pemain keyboards, John Leven sebagai pemain bas, dan Ian Haugland sebagai penabuh drum.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Seperti halnya personel Europe yang lain, Joey Tempest lahir dan besar di Upplands Väsby. Saat ini Joey Tempest tinggal di London bersama istrinya Lisa Worthington dan anaknya James Joakim.

Album solo[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]