Jimmy Neutron (karakter)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jimmy Neutron
Tokoh The Adventures of Jimmy Neutron: Boy Genius
Penampilan
perdana
Runaway Rocketboy! (1998)
Penampilan
terakhir
Nickelodeon: Pixel Town (2019)
PenciptaJohn A. Davis
Steve Oedekerk
Keith Alcorn
Pengisi suaraDebi Derryberry
Informasi
Nama lengkapJames Isaac Neutron
PekerjaanPenemu
Siswa
KeluargaHugh Neutron
(ayah)
Judy Neutron
(ibu)
Goddard
(anjing robot)
Pihak lainCindy Vortex

James Isaac Neutron adalah tituler dan karakter utama dari film Jimmy Neutron: Boy Genius dan serial televisi animasi komputer spin-off Nickelodeon The Adventures of Jimmy Neutron: Boy Genius. Dibuat oleh pelari pertunjukan John A. Davis, dia disuarakan oleh Debi Derryberry sejak uji coba perdana pada tahun 1998.

Karakter ini awalnya berakar dari tahun 1980-an oleh Davis dan co-creator seri Keith Alcorn di bawah nama Johnny Quasar, dengan film pendek berdurasi 13 menit yang diputar ke SIGGRAPH pada tahun 1997 dengan produksi dimulai pada tahun itu. Namun, karena namanya terdengar sangat identik dengan Jonny Quest, Davis mengobrak-abrik berbagai moniker lain sebelum muncul dengan namanya saat ini.

Ditandai dengan gaya rambutnya yang menentang gravitasi dan IQ yang sangat tinggi yaitu dua ratus sepuluh, Neutron dianggap sebagai salah satu orang paling cerdas di Retroville. Sepanjang seri, dia hampir tidak pernah terlihat tanpa temannya, anjing robot abu-abu perak bernama Goddard dan kapal roket berjuluk Strato XL yang dia gunakan di urutan pembukaan. Selanjutnya, Neutron memiliki saingan abadi dengan Cindy yang biasanya mengolok-oloknya karena tinggi badannya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]