Jembo Cable Company

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
PT Jembo Cable Company Tbk
Publik (IDX: JECC)
IndustriKabel
Didirikan1973
Kantor
pusat
Tangerang, Banten
Tokoh
kunci
Mary Ang Santoso (CEO)
ProdukKabel
Karyawan
852 (2022)
Situs webwww.jembo.co.id

PT. Jembo Cable Company Tbk (IDX: JECC) merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi kabel yang bermarkas di Tangerang, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1973. Perusahaan ini menghasilkan berbagai macam-macam kabel.

Sejarah perusahaan[sunting | sunting sumber]

Berdiri pada bulan April 1973, PT Jembo Cable Company Tbk. memulai dengan memproduksi kabel listrik tegangan rendah - penghantar tembaga. Kemudian terus menambah varietas produknya, seperti kabel tegangan rendah - penghantar aluminium, kabel tegangan menengah, kabel telepon dan kabel serat optik dan juga memperluas pasarnya. Tahun 1992, perseroan mencatatkan sahamnya pada Bursa Efek Jakarta atau yang sekarang dikenal dengan Bursa Efek Indonesia dan mengadakan perjanjian kerjasama dalam bidang teknik dengan Fujikura Ltd., salah satu perusahaan kabel terkemuka dari Jepang. Mutu adalah hal yang paling diutamakan, hal ini terintegrasi erat dalam kinerja harian Perseroan. Investasi besar telah dilakukan demi menunjang terjaganya mutu barang dan jasa secara terus-menerus, dengan melakukan pengadaan peralatan dan perlengkapan di bidang quality control. Dalam upaya meningkatkan mutu barang dan jasa, Perseroan mendapatkan sertifikat ISO 9002 dari TUV Product Service GmbH pada tahun 1995 dan sertifikat ISO 9001 di tahun 2000 yang kemudian diperbaharui dengan sertifikat ISO 9001:2008, pada bulan April 2010. PT Jembo Cable Company Tbk. mendapat Sertifikat ISO 14001:2004 pada bulan Desember 2007, dan Sertifikat OHSAS 18001:2007 pada akhir Desember 2009.

Produk[sunting | sunting sumber]

Jembo Cable Company Tbk. memproduksi berbagai jenis kawat dan kabel yang kualitasnya diakui baik dipasar lokal maupun internasional. Adapun berbagai jenis kabel yang dihasilkan tersebut antara lain:

  1. Medium Voltage
  2. Low Voltage
  3. Fire Resistant
  4. Fiber Optic
  5. Telecommunication Cable
  6. Lead Sheated Cable
  7. Metal Corrugated
  8. Instumentation Cable
  9. Airfield Lighting Cable
  10. Marine Cable

Produk yang dihasilkan mengacu pada standar nasional maupun internasional, seperti; Standar Nasional Indonesia (SNI), Standar Perusahaan Listrik Negara (SPLN), Standard Telkom (STEL-K-QA), Japanese Industrial Standar (JIS), Deutsche Industrial Norm (DIN) International Electroctechical Commision (IEC), American Society for Testing and Materials (ASTM), British Standar (BS) Australian Standard (AS) dan lain-lain.

Anak Perusahaan[sunting | sunting sumber]

Jembo Energindo. Salah satu produsen modul surya (Photovoltaic/PV) terbesar di Indonesia.

Referensi[sunting | sunting sumber]