Jean-Robert Argand

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jean-Robert Argand
Lahir 18 Juli 1768
Jenewa, Swiss
Meninggal 13 Agustus 1822
Paris
Kebangsaan Perancis
Bidang Matematika
Dikenal atas Diagram Argand

Jean-Robert Argand (18 Juli 1768 - 13 Agustus 1822) adalah seorang ahli matematika asal Swiss. Ia dikenal karena idenya tentang intepretasi geometrik bilangan kompleks yang dikenal dengan Diagram Argand. Ide ini dipublikasikan pada tahun 1806 saat Ia sedang bekerja di toko buku di Paris.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Jean-Robert Argand lahir di Jenewa, Swiss dari pasangan Jacques Argand (ayah) dan Hawa Carnac (ibu). Latar belakang dan pendidikannya tidak diketahui secara pasti. Pengetahuan matematika didapat dengan otodidak. Ia belajar matematika sebagai hobi dan bukan sebagai profesi.

Pada tahun 1806, Ia dan keluarganya pindah ke Paris dan mengelola toko buku di sana. Secara pribadi, Ia mempublikasikan Essai sur une manière de représenter les quantités imaginaires dans les constructions géométriques (Esai tentang cara merepresentasikan bilangan imajiner). Pada tahun 1813 karnyanya itu dipublikasikan dalam jurnal French journal Annales de Mathématiques. Esai ini membahas tentang metode grafik bilangan kompleks melalui analisa geometri. Ia mengusulkan intepretasi dari nilai i sebagai rotasi 90 derajat pada bidang Argand. Dalam esai ini Ia juga untuk mengusulkan gagasan modulus untuk menunjukkan besarnya vektor dan bilangan kompleks, serta notasi untuk vektor \overrightarrow{a b}. Topik tentang bilangan kompleks juga sedang dipelajari oleh matematikawan lain, seperti Carl Friedrich Gauss dan Caspar Wessel. Wessel membuat makalah setebal 1.799 halaman, yang berisi teknik grafik yang sama, namun makalah Wessel tidak menarik perhatian sama sekali.

Referensi[sunting | sunting sumber]