Jared Polis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jared Polis

Jared Schutz Polis (/ˈplɪs/; lahir 12 Mei 1975) adalah seorang politikus, wirausahawan, dan filantropis Amerika Serikat yang menjabat sebagai Gubernur Colorado ke-43 sejak Januari 2019. Sebagai anggota Partai Demokrat, ia menjalani satu masa jabatan pada Badan Pendidikan Negara Bagian Colorado dari 2001 sampai 2007 dan lima masa jabatan sebagai anggota DPR Amerika Serikat dari 2009 sampai 2019. Ia terpilih menjadi gubernur Colorado pada 2018, mengalahkan nominee Partai Republik Walker Stapleton.

Sebagai pria gay terbuka, Polis membuat sejarah beberapa kali melalui kesuksesan pemilunya. Pada 2008, ia menjadi orangtua sesama jenis pertama yang terpilih dalam Kongres Amerika Serikat. Pada 2018, ia menjadi orang gay terbuka pertama dan orang LGBT terbuka kedua (setelah Kate Brown dari Oregon) yang terpilih menjadi gubernur negara bagian di Amerika Serikat. Ia juga merupakan orang Yahudi pertama yang terpilih menjadi Gubernur Colorado.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Press, Associated. "Jared Polis to become Colorado's first openly gay governor". latimes.com. Diakses tanggal November 9, 2018. 
  2. ^ "Jared Polis Makes History As America's First Openly Gay Male Governor". Time. Diakses tanggal November 9, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Links formerly displayed via the CongLinks template: